Selain di Mesir, Ini 5 Piramida Kuno yang Jarang Diketahui Orang

Rabu, 02 Oktober 2024 - 15:35 WIB
Piramida tak hanya dikenal di peradaban Mesir kuno. Foto/Interesting Engineering
JAKARTA - Piramida tak hanya dikenal di peradaban Mesir kuno. Diberbagai belahan dunia lain seperti di Asia, Eropa, Amerika juga ditemukan piramida. Namun, apakah piramida-piramida ini saling terkait masih menjadi misteri hingga saat ini.

Dilansir dari Ancient Origins, Rabu (2/10/2024) bangunan piramida yang ada di berbagai belahan dunia lain tak kalah megah dengan Piramida Agung Giza di Mesir. Monumen-monumen yang mengesankan ini menjadi warisan dunia dan masih tetap lestari hingga saat ini.

Berikut 5 piramida dunia yang tak banyak diketahui orang:

1. Piramida Cestius Roma





Piramida Cestius berlokasi di jantung kota Roma, Italia. Piramida berusia 2.000 tahun ini berukuran berukuran 30 meter di sepanjang setiap sisi dan 35 meter tingginya. Piramida Cestius dibangun di sepanjang Via Ostiensis, sebuah jalan penting di Roma kuno, sekitar tahun 18 hingga 12 SM.

Di dalam piramida terdapat ruang pemakaman berkubah yang, menurut prasasti di sisi timur dan barat piramida, adalah kuburan politisi Roma yang dikenal sebagai Gaius Cestius Epulo. Prasasti kedua mengumumkan bahwa pembangunan piramida ini selesai dalam 330 hari.



2. Piramida Tenerife



Kepulauan Canary terkenal sebagai tujuan liburan, tetapi banyak wisatawan yang mengunjungi pulau itu tak menyadari bahwa ada piramida di sana. Piramida dapat ditemukan di Güímar, sebuah kota di selatan Tenerife. Dibangun dari batu lava tanpa menggunakan mortar, piramida telah menyebabkan banyak kontroversi di kalangan akademisi.

Satu studi mencatat piramida tersebut dari abad ke-19 Masehi, berdasarkan tembikar yang ditemukan di dekat situs tersebut, dan mengatakan bahwa itu hanyalah tumpukan batu vulkanik yang dibuat oleh petani saat membersihkan tanah. Namun, hal ini telah banyak diperdebatkan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More