Pesawat Antariksa Eropa Tangkap Gambar Fenomena Alam Tak Biasa di Bumi

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 07:18 WIB
Fenomena alam tak biasa di bumi terlihat dari antariksa. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Wahana JUICE yang sedang dalam perjalanan menuju Jupiter dan bulan-bulannya telah mengambil gambar sabuk radiasi Bumi dalam definisi tinggi.

BACA JUGA - Wahana Antariksa NASA Cetak Rekor Jarak Terdekat dari Matahari

Wahana antariksa Badan Antariksa Eropa menguji instrumen Jovian Energetic Neutrals and Ions (JENI) selama terbang melintasi Bumi.



JUICE mengklaim saat pesawat menuju Venus antara tanggal 19 Agustus dan 20 Agustus, wahana antariksa itu mengambil gambar sabuk radiasi Bumi yang sangat jelas. Sabuk radiasi Bumi adalah kelompok partikel bermuatan yang terperangkap dalam medan magnet Bumi.

"Begitu kami melihat gambar baru yang tajam, tepuk tangan pun terdengar di seluruh ruangan," kata Matina Gkioulidou, wakil pimpinan JENI di APL, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Wion News.

"Jelas kami telah menangkap cincin plasma panas yang melingkari Bumi dengan detail yang belum pernah ada sebelumnya, sebuah pencapaian yang telah memicu kegembiraan atas apa yang akan terjadi di Jupiter."

Wahana antariksa yang diluncurkan pada tanggal 14 April 2023 ini bertujuan untuk mempelajari atmosfer Jupiter dan bagaimana atmosfer tersebut memengaruhi bulan-bulannya, Ganymede, Callisto, dan Europa. Beberapa bulan tersebut diyakini memiliki air cair di bawah kerak esnya.

Pesawat ruang angkasa JUICE akan mempelajari bulan-bulan tersebut untuk mengetahui apakah mereka mengandung unsur-unsur yang penting bagi kehidupan.

Gambar yang dijepret oleh JUICE menunjukkan plasma yang berputar-putar di sabuk radiasi seperti lingkaran cahaya, membentang beberapa kali radius Bumi mengelilingi planet ini. Bumi memiliki dua sabuk radiasi yang juga dikenal sebagai sabuk radiasi Van Allen dan menciptakan wilayah seperti donat di sekeliling planet ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More