Pesawat Antariksa Eropa Tangkap Gambar Fenomena Alam Tak Biasa di Bumi

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 07:18 WIB
Sabuk-sabuk ini mengandung elektron dan proton yang terperangkap oleh medan magnet planet. Kedua sabuk ini terletak pada ketinggian yang berbeda. Sabuk radiasi bagian dalam berada pada ketinggian antara 600 dan 7.500 mil di atas Bumi, sedangkan sabuk bagian luar berada sekitar 8.000 hingga 37.000 mil di atas permukaan Bumi.

"Kekayaan data dari penyelaman mendalam kami melalui magnetosfer sungguh menakjubkan. Citra JENI dari seluruh sistem yang baru saja kami lalui adalah pelengkap yang sempurna. Ini adalah kombinasi hebat yang akan kami manfaatkan di sistem Jupiter."

Khususnya, setelah wahana itu mencapai Jupiter, JENI akan digunakan untuk mempelajari magnetosfer planet terbesar di tata surya kita.

JUICE akan menjalani bantuan gravitasi kedua setelah mencapai Venus pada bulan Agustus 2025. Wahana ini akan kembali ke Bumi dan akan menjalani dua bantuan gravitasi lagi pada tahun 2026 dan 2029. Wahana ini dijadwalkan mencapai Jupiter pada tahun 2031.