Planet yang Bisa Menjatuhkan Bulan dan Bintang ke Bumi Ditemukan

Minggu, 13 Oktober 2024 - 09:11 WIB
Exoplanet bernama WASP-49 b. FOTO/ WION NEWS
LONDON - Para peneliti dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California Selatan menemukan objek dengan kekuatan vulkanik besar yang mengorbit sebuah exoplanet bernama WASP-49 b, seukuran Saturnus.

Seperti dilansir dari Wion News, planet ini mempunyai vulkanik yang menyemburkan gas dan bisa menghancurkan benda planet di sekitarnnya.

Tim tersebut menemukan awan natrium di sekitar WASP-49 b. Hal ini cukup untuk menunjukkan bahwa satelit alami, yang juga dikenal sebagai exomoon, sedang mengorbitnya.

Beberapa kandidat exomoon telah diidentifikasi di masa lalu, termasuk satu di dekat WASP-49 b. Namun, satu pun belum pernah dikonfirmasi.

Para ahli mengatakan bahwa tanda-tanda aktivitas vulkanik mungkin menjadi kunci untuk mengungkap objek tersebut karena objek tersebut terlalu kecil dan redup untuk dilihat menggunakan teleskop modern, menurut pernyataan dari NASA.

"Contohnya, Io, benda paling vulkanik di tata surya kita, terus-menerus memuntahkan sulfur dioksida, natrium, kalium, dan gas-gas lain yang dapat membentuk awan besar di sekitar Jupiter hingga 1.000 kali radius planet raksasa itu," kata pejabat NASA dalam pernyataan tersebut.

"Mungkin saja para astronom yang mengamati sistem bintang lain dapat mendeteksi awan gas seperti Io meskipun bulan itu sendiri terlalu kecil untuk dilihat."

Teleskop Sangat Besar milik European Southern Observatory di Chili melihat bahwa awan di sekitar WASP-49 b berada tinggi di atas atmosfer planet tersebut. Awan ini mirip dengan awan gas yang dihasilkan Io di sekitar Jupiter.