Temuan Ini Jadi Petunjuk Ilmuwan Ungkap Kehidupan Lain di Dasar Laut

Senin, 21 Oktober 2024 - 05:54 WIB
Kehidupan bawah laut. FOTO/ DOK IFL Science
LONDON - Sebuah tim peneliti menemukan kehidupan makroskopis di bawah dasar laut, yang juga mengisyaratkan kemungkinan adanya kehidupan di luar Bumi.

Para ilmuwan untuk pertama kalinya membuat penemuan luar biasa tentang kehidupan hewan di bawah dasar laut pada kedalaman 2.500 meter.

Penemuan hewan di dekat sistem ventilasi hidrotermal dalam menantang teori bahwa hanya mikroba yang menghuni wilayah bawah dasar laut dan menunjukkan bahwa lebih banyak kerak bumi kemungkinan besar menampung bentuk kehidupan yang kompleks.

Penemuan ini telah membuktikan bahwa kehidupan mulai berkembang bahkan di lingkungan yang paling ekstrem dan telah meningkatkan harapan untuk menemukan kehidupan di luar Bumi.

Kehidupan makroskopis ditemukan oleh tim peneliti di bawah dasar laut dalam yang merupakan salah satu lingkungan paling ekstrem di Bumi.

Penelitian ini dipublikasikan di Nature Communications dan kendaraan yang dioperasikan jarak jauh SuBastian digunakan pada kapal penelitian Falkor (juga) oleh tim untuk mengidentifikasi hewan tersebut.

Investigasi dilakukan oleh tim di sekitar kedalaman 8.250 kaki (2.515 meter) di bawah laut di dasar Samudra Pasifik timur.

"Penemuan kami menunjukkan kepada kita bahwa kehidupan hewan di lautan tidak terbatas pada apa yang kita lihat di permukaan dasar laut, tetapi kehidupan hewan meluas hingga ke kerak laut yang dangkal," kata rekan penulis studi Sabine Gollner, yang merupakan seorang peneliti di Royal Netherlands Institute for Sea Research, saat berbicara dengan Gizmodo.