Mamalia Rawa Ini Hidup Berdampingan dengan Dinosaurus

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 05:58 WIB
Zaman dinosaurus. FOTO/ IFL Science
JAKARTA - Dalam penelitian baru, para ahli paleontologi menemukan mamalia penghuni rawa Colorado yang hidup bersama dengan dinosaurus.







Fosil mamalia baru, yang ukurannya hampir sebesar muskrat, ditemukan oleh tim paleontologi saat mereka berlarian melewati rawa-rawa pada Zaman Dinosaurus.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Jaelyn Eberle dari Universitas Colorado Boulder, menerbitkan temuan tersebut dalam jurnal PLOS ONE pada tanggal 23 Oktober.

Penemuan itu diidentifikasi dari sepotong tulang rahang dan tiga gigi geraham oleh Eberle dan rekan-rekannya dan diberi nama Heleocola piceanus.

Menurut para peneliti, hewan itu ada di Colorado sekitar 70 hingga 75 juta tahun yang lalu dan pada masa itu, sebagian besar wilayah Amerika Bagian Barat ditutupi oleh laut pedalaman yang luas.

"Colorado adalah tempat yang bagus untuk menemukan fosil, tetapi mamalia dari periode waktu ini cenderung cukup langka," kata Eberle, yang merupakan kurator fosil vertebrata di Museum Sejarah Alam CU dan profesor di Departemen Ilmu Geologi.

"Jadi sungguh mengagumkan melihat potongan waktu ini dilestarikan di Colorado," tambahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More