Suara Katak Bersaut-sautan saat Hujan Ternyata Ini Penyebabnya

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 11:12 WIB
Suara Katak. FOTO/ Frog Pets
JAKARTA - Kenapa katak bersuara nyaring setelah hujan, banyak orang beranggapan kalau katak bersuara nyaring setelah hujan itu menandakan ajakan untuk kawin. Ya, katak mengeluarkan suara kencang untuk mencuri perhatian katak lain.

BACA JUGA - Goliath, Katak Terbesar di Dunia Terancam Punah

Seperti dilansir dari Frog Pets, katak yang bersuara nyaring setelah hujan itu adalah katak jantan dan dia mengeluarkan suara tersebut karena ingin menarik perhatian katak betina.



"Hujan itu kondisi yang optimal bagi katak betina untuk bertelur di kolam air tawar. Jadi, momen setelah hujan dipergunakan katak untuk berkembang biak," ungkap laporan laman tersebut.

Katak adalah hewan amfibi yang sangat tergantung pada air untuk berkembang biak. Hujan membantu menciptakan genangan air di sekitar tempat tinggal mereka.

Seperti kolam atau rawa-rawa, yang menjadi tempat berkembang biak yang ideal. Air hujan juga menghidupkan lingkungan dengan memicu pertumbuhan alga dan tanaman air, yang merupakan sumber makanan utama bagi katak.

Dengan demikian, setelah hujan, populasi katak yang tersembunyi akan keluar dan berkumpul di genangan air, sehingga suara mereka menjadi lebih terdengar.

Beberapa spesies mahkluk ini menggunakan panggilan khusus untuk menarik pasangan mereka. Suara yang dihasilkan oleh jantan bertujuan untuk menarik perhatian betina.

Kelembaban yang tinggi dan suhu yang lebih rendah setelah hujan memperkuat kemampuan suara untuk merambat, sehingga memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

Oleh karena itu, saat hujan berhenti dan genangan air terbentuk, banyak yang akan memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan upaya perkawinan, yang kemudian menghasilkan serangkaian suara ribut yang terdengar.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More