Bukan Hanya Manusia Serigala, Bulan Purnama Juga Pengaruhi Siklus Menstruasi

Kamis, 28 Januari 2021 - 21:30 WIB
Sepanjang sejarah, manusia telah menghubungkan kehidupan sehari-hari kita dengan perubahan langit, khususnya perubahan wajah Bulan. Foto/Ist
JAKARTA - Apa yang mungkin terdengar seperti mitos jadul mungkin benar-benar ada benarnya. Orang-orang tidur lebih larut dan tidur lebih sedikit sebelum Bulan Purnama , sedangkan siklus menstruasi sinkron dengan siklus Bulan, demikian temuan para ilmuwan dalam dua studi baru.

Sepanjang sejarah, manusia telah menghubungkan kehidupan sehari-hari kita dengan perubahan langit, khususnya perubahan wajah Bulan. Pengetahuan seputar fase Bulan berkisar dari Bulan Purnama yang menghidupkan manusia serigala hingga siklus bulanan kaum Hawa. Tapi, anehnya, beberapa dari dongeng ini tampaknya berakar pada sains nyata.

Tidur di Bulan Purnama

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan 27 Januari 2021 di jurnal Science Advances, tim ilmuwan dari Universitas Washington, Universitas Nasional Quilmes di Argentina, dan Universitas Yale menunjukkan bagaimana siklus tidur tampaknya berubah dengan siklus Bulan.

Mereka menemukan bahwa pada hari-hari menjelang Bulan Purnama, orang cenderung tidur lebih lama dan tidur lebih sedikit. Untuk pekerjaan ini, tim mempelajari mahasiswa di kota Seattle, Washington, dan juga dengan mereka yang tinggal di komunitas adat di Argentina utara, dua lingkungan berbeda di mana terdapat variasi dalam akses individu ke listrik. Sebab cahaya buatan dapat memengaruhi peserta penelitian.



Dengan menggunakan perangkat pergelangan tangan pemantau tidur, mereka mempelajari 98 individu yang tinggal di tiga komunitas adat Toba-Qom di Formosa, Argentina dan juga menggunakan data tidur dari 464 mahasiswa di wilayah Seattle (data dari para mahasiswa pada awalnya dikumpulkan untuk studi terpisah).

Tim menemukan bahwa, meskipun hubungan antara siklus tidur dan siklus Bulan sedikit lebih jelas di masyarakat yang tidak memiliki akses listrik, sambungan tersebut tampaknya masih ada di daerah yang juga memiliki listrik.

"Kami melihat modulasi Bulan yang jelas dari tidur, dengan penurunan tidur dan tidur yang lebih lambat pada hari-hari sebelum Bulan Purnama," kata penulis utama, Horacio de la Iglesia, profesor biologi di Universitas Washington, dalam sebuah pernyataan.

"Dan meskipun efeknya lebih kuat di komunitas tanpa akses ke listrik, efeknya hadir di komunitas yang memiliki listrik, termasuk mahasiswa sarjana di University of Washington," tambahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More