Ilmuwan Sebut 'Perisai' Leher Protoceratops Hasil dari Seleksi Seksual

Rabu, 03 Februari 2021 - 10:36 WIB
Sekumpulan Protoceratops. Foto/Museum Sejarah Alam London
JAKARTA - Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings B menyelidiki anatomi Protoceratops dan menemukan bahwa embel-embel yang menyerupai 'perisai' di lehernya kemungkinan besar berkembang sebagai hasil seleksi seksual.

Seleksi seksual terlihat di banyak spesies yang hidup hari ini, misalnya ritual kawin burung cendrawasih. Burung jantan akan mengembangkan ekornya yang cantik untuk menarik betinanya kawin. (Baca: Fosil Ini Membuktikan Kalau Dinosaurus Juga Mengerami Telurnya)

Protoceratops kira-kira seukuran domba besar ketika menjelajahi apa yang sekarang dikenal sebagai Gurun Gobi Mongolia. Mereka didokumentasikan dengan baik dalam koleksi ilmiah.

Dr Andrew Knapp, seorang peneliti postdoctoral di Natural History Museum, London menggunakan teknologi dan analisis modern untuk melihat apakah seleksi seksual dapat menjelaskan evolusi embel-embel leher di antara Protoceratops .

“Dalam banyak fosil hewan kita memiliki struktur dan sifat yang tidak biasa yang tidak benar-benar terlihat pada hewan hidup hari ini,” katanya kepada Museum. "Protoceratops tidak bertanduk tapi masih memiliki embel-embel yang besar." (Baca juga: Punya Lidah Emas, Mumi Mesir Ini Dianggap Bisa Bicara dengan Dewa)

Ada beberapa teori tentang munculnya embel-embel leher pada dinosaurus ceratopsian, yang juga memiliki ciri khas tulang "paruh". Beberapa berpendapat embel-embel itu digunakan untuk pertahanan, sementara yang lain menyarankan itu untuk identifikasi. Teori lain, embel-embel itu membantu mengatur suhu herbivora besar.

Pemindaian tiga dimensi dari 30 tengkorak lengkap Protoceratops memungkinkan Knapp dan rekannya membandingkan bagaimana berbagai daerah tengkorak memvariasikan spesimen. Mereka yang dipindai berkisar dari tukik berumur satu hari hingga dewasa, yang berarti mereka juga dapat mengamati bagaimana tengkorak berubah bentuk saat hewan itu tumbuh. (Baca juga: Pantas Dingin, Musim Hujan Diperkirakan hingga Pertengahan 2021)

“Meskipun ada cukup banyak contoh pada hewan hidup di mana biasanya betina memilih jantan berdasarkan ukuran bulu ekor atau suaranya, namun seringkali terabaikan bahwa jantan juga melakukan hal yang sama dengan betina,” kata Knapp.