Warisan Besar Islam dalam Ilmu Kedokteran, Salah Satunya Rumah Sakit

Selasa, 16 Februari 2021 - 04:50 WIB
Pada 622 Nabi Muhammad, SAW, berangkat dari Mekkah ke Madinah, dan tahun itu menandai awal kalender Islam. Hanya dua abad kemudian, penerusnya, para khalifah, telah memperluas wilayah kekuasaan mereka ke timur menuju Iran dan India, dan ke barat di sepanjang pantai Afrika Utara dan Eropa. Meskipun pengobatan Arab menyebar dengan Islam, para penguasanya juga tertarik untuk menyerap kearifan budaya lain, terutama budaya Yunani-Romawi yang dilestarikan di Mesir dan Timur Dekat.

Mereka berusaha untuk mengklaim pengetahuan tentang filsafat, teknologi, dan pengobatan, kadang-kadang disebut sebagai "ilmu pengetahuan kuno".

Penyembuhan dengan Hewan

Pengobatan Islam berakar dari pengobatan tradisional yang menggunakan organ hewan. Banyak manuskrip yang mengacu pada tradisi ini, seperti Buku tentang Kegunaan Hewan oleh cendekiawan Suriah abad ke-14, Ibn al-Durayhim. Avicenna juga menulis tentang penggunaan sayap burung, darah merpati, dan hati keledai sebagai obat untuk penyakit tertentu.

Kebijaksanaan Lama

Saat Islam berkembang, tulis National Geographic, kota-kota tempat ilmu pengetahuan Yunani berkembang berada di bawah kendali Muslim. Ini termasuk Alexandria di Mesir dan Edessa di Turki modern. Di perbatasan timur Islam, Gondeshapur di Persia telah menjadi pusat pengobatan dan pembelajaran Yunani setelah para sarjana bermigrasi ke sana pada tahun 529 M, menyusul keputusan Kaisar Justinian untuk menutup Akademi di Athena.

Para elite Muslim baru yang menduduki Gondeshapur bertekad untuk menghidupkan kembali, menyerap, dan menyebarkan apa yang mereka lihat sebagai pembelajaran yang hilang ini. Mereka juga ingin membangunnya.

Ilmu Yunani menjadi dasar perkembangan pengobatan Arab. Dasar teori awal pengobatan Islam mengacu pada teori humor Yunani dan Romawi, yang dikaitkan dengan Hippocrates, yang ditulis pada abad keempat SM. Sistem humor membagi cairan manusia menjadi empat tipe dasar: darah, dahak, empedu kuning, dan empedu hitam.

Keseimbangan antara masing-masing menentukan apakah seseorang sakit atau sehat. Misalnya, pasien menjadi depresi karena cairan empedu hitam yang melimpah. Kombinasi, dalam bahasa Yunani, dari kata "hitam", melanin, dan "empedu", khole, adalah akar dari kata "melankolis". Temperamen sanguin, apatis, atau mudah tersinggung juga menderita ketidakseimbangan dalam humor lainnya.

Kesehatan dapat dipulihkan dengan menyeimbangkannya kembali dengan diet dan pembersihan, dan menjelaskan pentingnya pengobatan Islam ditempatkan pada kebersihan dan diet.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More