Warisan Besar Islam dalam Ilmu Kedokteran, Salah Satunya Rumah Sakit

Selasa, 16 Februari 2021 - 04:50 WIB
Abad ke-12 menyaksikan munculnya karya terkenal Ibn Rusyd — yang dalam Susunan Kristen dikenal sebagai Averroës — dan dokter serta pemikir Yahudi, Moses Maimonides. Kedua pria tersebut mencerminkan ikatan yang kuat antara filsafat dan kedokteran selama zaman keemasan Islam. Averroës, penulis beberapa komentar terbesar Abad Pertengahan tentang Aristoteles dan Plato, juga merupakan dokter pribadi para khalifah. Moses Maimonides menjadi dokter pribadi Saladin, pejuang Muslim melawan Tentara Salib. Di antara banyak karya Maimonides adalah Moreh Nevukhim, atau Guide for the Perplexed, sebuah mahakarya yang mencoba untuk mendamaikan keyakinan agama dengan penyelidikan filosofis.

Sementara tulisan tentang kedokteran didominasi oleh budaya Islam, praktik kedokteran juga mengalami kemajuan pesat. Pengobatan baru dikembangkan untuk penyakit tertentu, termasuk pengobatan revolusioner untuk mengobati katarak. Tabib abad ke-10 Al-Mawsili mengembangkan jarum suntik berongga untuk menghilangkan katarak melalui penyedotan; teknik ini telah meningkat seiring waktu, tetapi premis dasar dari prosedur ini tetap kuat hingga hari ini.

Ibn Isa, seorang sarjana abad ke-10 dari Irak, mungkin menulis buku penyakit mata yang paling lengkap, Notebook of the Oculist, merinci 130 kondisi. Buku itu diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada 1497 diikuti oleh beberapa bahasa lainnya, memungkinkannya menjadi karya yang berwibawa selama berabad-abad.

Kemajuan terbesar dalam pembedahan pada zaman itu dirinci oleh Al-Zahrawi yang menemukan berbagai instrumen: tang, penjepit, pisau bedah, kateter, kauter, lancet, dan spekula, semuanya diilustrasikan dengan cermat dalam tulisannya. Rekomendasinya tentang teknik pengurangan rasa sakit, seperti penggunaan spons yang sangat dingin, diikuti oleh petugas medis Barat selama berabad-abad. Salah satu inovasi terbesarnya adalah penggunaan catgut untuk menjahit pasien setelah operasi, praktik yang masih digunakan sampai sekarang.

Penyembuhan dan Pengajaran

Salah satu kontribusi Islam yang paling bertahan lama adalah rumah sakit. Didanai oleh sumbangan yang disebut wakaf, rumah sakit umum merawat orang sakit, menyediakan tempat untuk penyembuhan dan pemulihan, menampung orang sakit jiwa, dan menyediakan perlindungan bagi orang tua dan lemah.

Dokter Yahudi dan Kristen, selain dokter Muslim, bekerja di institusi ini. Rumah sakit memungkinkan yang paling miskin untuk mendapatkan keuntungan dari pengetahuan para dokter yang luar biasa: Pengemis di Baghdad mungkin akan dioperasi oleh Rhazes, ahli bedah besar di rumah sakit kota.

Seperti yang semakin sering terjadi di Kristen Eropa, kota-kota besar di dunia Muslim bersaing untuk menampung lembaga-lembaga semacam itu, dengan harapan dapat menarik guru dan buku terbaik. Rumah Sakit Ahmad ibn Tulun, salah satu yang pertama, dibangun di Kairo antara tahun 872 dan 874.

Mungkin rumah sakit paling terkenal di dunia Islam, Rumah Sakit Al-Mansuri, juga dibangun di Kairo, oleh Sultan Qalawun pada tahun 1285 Empat bangsal, masing-masing berspesialisasi dalam patologi yang berbeda, terkenal sebagai rumah bagi ribuan pasien. Bangunan-bangunan itu dikelilingi halaman yang didinginkan oleh air mancur.

Studi dan pendidikan juga merupakan komponen penting dari budaya medis Muslim, dan rumah sakit yang berafiliasi dengan universitas mendidik generasi dokter berikutnya. Didirikan pada abad ke-12, Rumah Sakit Al-Nuri Suriah di Damaskus adalah salah satu sekolah kedokteran terkemuka pada masanya, lengkap dengan perpustakaan mengesankan yang disumbangkan oleh penguasa Nur al-Din ibn Zangi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More