Ini Dia Batuan Luar Angkasa Sang Pembunuh Dinosaurus

Kamis, 18 Februari 2021 - 21:48 WIB
Kemungkinan Tabrakan

Fragmen dari pecahan langit ini lebih mungkin daripada sebuah komet utuh untuk berpotongan dengan Bumi dalam perjalanan kembali mereka menuju awan Oort. "Peristiwa semacam itu mampu menghasilkan dampak seukuran Chicxulub setiap 250 juta hingga 730 juta tahun," kata para peneliti.

"Makalah kami memberikan dasar untuk menjelaskan terjadinya peristiwa ini," kata Loeb dalam sebuah pernyataan. "Kami menyarankan bahwa, pada kenyataannya, jika Anda memecah sebuah objek saat mendekati Matahari, hal itu dapat menimbulkan tingkat kejadian yang sesuai dan juga jenis dampak yang membunuh dinosaurus."

Kawah Zhamanshin di Kazakhstan, yang merupakan kawah tumbukan terbesar yang dibuat dalam jutaan tahun terakhir, mungkin juga telah dibuat oleh chondrite berkarbon, tulis Loeb dan Sajir di makalah barunya. Hal ini mendukung teori bahwa jenis fragmen besar ini relatif mungkin terjadi untuk menghantam Bumi. Lebih banyak penelitian tentang kawah tumbukan Bumi dan komposisi komet dapat membantu memperkuat bukti untuk hipotesis tersebut.

"Kita seharusnya melihat fragmen yang lebih kecil lebih sering datang ke Bumi dari awan Oort," kata Loeb. "Saya berharap kita dapat menguji teori ini dengan memiliki lebih banyak data tentang komet berperiode panjang, mendapatkan statistik yang lebih baik dan mungkin melihat bukti untuk beberapa fragmen."