Astronom Temukan Planet Teraman untuk Dihuni Makhluk Hidup di Bima Sakti

Rabu, 31 Maret 2021 - 17:37 WIB
Para penulis dalam studi, menyatakan, ledakan sinar gamma di dekatnya telah memainkan peran utama dalam peristiwa kepunahan massal Ordovisium sekitar 450 juta tahun lalu -yang terbesar kedua dalam sejarah Bumi. Meskipun tidak ada bukti konkret yang mengaitkan ledakan sinar gamma tertentu dengan peristiwa kepunahan ini, para penulis berpikir hal itu mungkin terjadi, mengingat posisi Bumi di galaksi.

Dengan menggunakan model pembentukan dan evolusi bintang, para astronom menghitung kapan wilayah tertentu galaksi akan dibanjiri radiasi pembunuh. Pada awal sejarah galaksi, galaksi bagian dalam hingga sekitar 33.000 tahun cahaya diterangi dengan pembentukan bintang yang intens, yang membuatnya tidak ramah. Pada saat ini, galaksi sering diguncang oleh ledakan kosmik yang kuat, tetapi daerah terluar, yang memiliki lebih sedikit bintang, sebagian besar terhindar dari bencana alam ini.

Hingga sekitar 6 miliar tahun lalu, sebagian besar galaksi secara teratur disterilkan oleh ledakan besar. Saat galaksi menua, ledakan seperti itu menjadi kurang umum.

Saat ini, wilayah tengah, yang membentuk cincin dari 6.500 tahun cahaya dari pusat galaksi hingga sekitar 26.000 tahun cahaya dari pusat, adalah area teraman bagi kehidupan. Lebih dekat ke pusat, supernova dan peristiwa lain masih umum, dan di pinggiran, terdapat lebih sedikit planet terestrial dan lebih banyak semburan sinar gamma.

Beruntung bagi kita, lingkungan galaksi Bumi semakin ramah-hidup. Di masa depan galaksi jangka panjang, akan ada lebih sedikit peristiwa ekstrem di dekatnya yang dapat menyebabkan kepunahan massal lainnya.

Kesimpulan makalah baru tampak masuk akal pada pandangan pertama. "Saya senang mencatat bahwa mereka tampaknya menempatkan (penelitian) dalam kerangka yang ketat dan memiliki harapan yang realistis tentang apa yang akan dilakukan ledakan sinar gamma, dan memperhitungkan faktor-faktor yang terkadang dilupakan orang. Seperti bagaimana energi dan materi yang dilepaskan oleh semburan sinar gamma tidak sama di semua arah," kata Steven Desch, seorang astrofisikawan di Arizona State University, mengatakan kepada Live Science. "Saya belum memeriksa nomor mereka secara mendetail, tapi pada pandangan pertama itu masuk akal."
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More