5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Minggu, 11 April 2021 - 18:02 WIB
Ilmuwan sempat meneliti lukisan tersebut dan memutuskan jika lukisan misterius itu dibuat oleh manusia purba ribuan tahun yang lalu. Tapi para ilmuwan belum mengetahui bagaimana cara manusiapurba itu membuat lukisan di dinding dengan tinggi yang sangat menjulang seperti itu.

4. Lukisan Gua Tertua di Dunia

Lukisan babi yang ada di gua area perbukitan kapur di Maros, Pangkep, Sulawesi Selatan dinilai sebagai lukisan gua tertua di dunia. Lukisan tersebut diperkirakan berusia 45.000 tahun.

Seorang profesor arkeologi di Pusat Penelitian Evolusi Manusia Australia Griffith University, Adam Brumm mengatakan, penemuan ini memberikan lebih banyak bukti bahwa Indonesia kuno adalah tempat untuk seni kuno lukisan gua.

Selain menjadi lukisan gua tertua di dunia, ini adalah karya seni representasional paling awal yang diketahui di dunia. Para peneliti meyakini, lukisan ini bukti paling awal dari manusia modern di Sulawesi.

5. Piramida Gunung Padang

Laporan pertama mengenai keberadaan situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, "Buletin Dinas Kepurbakalaan") tahun 1914. Sejarawan Belanda, N. J. Krom juga telah menyinggungnya pada tahun 1949.

Krom menilai jika struktur situs Gunung Padang mirip dengan Piramida di Mesir. Situs ini diperkirakan pertama kali dibangun pada 8000 SM.