Jeff Bezos Berhasil ke Luar Angkasa dan Catatkan Rekor Baru

Rabu, 21 Juli 2021 - 03:03 WIB
Jeff Bezos menjadi miliarder kedua yang berhasil mencapai luar angkasa. Foto/Blue Origin
TEXAS - Mantan CEO Amazon dan pendiri perusahaan Blue Origin Jeff Bezos menjadi miliarder kedua yang berhasil terbang ke luar angkasa. Namun pencapaian Jeff Bezos telah melampaui beberapa rekor diantaranya ketinggian melewati atmosfer, membawa atronot termuda dan tertua di dunia.

Bezos dan tiga kru lainnya, yakni Wally Funk (82), Oliver Daemen (18), dan adik laki-lakinya, Mark diluncurkan menggunakan roket New Shepard pada pukul 9:12 pagi EDT, Selasa (20/7/2021) dari Situs Peluncuran Satu Blue Origin di Texas Barat, sekitar 40 kilometer di utara kota Van Horn.



Penerbangan ini berjalan lebih jauh daripada penerbangan luar angkasa komersial mana pun sebelumnya. Roket New Shepard melintasi garis batas antara atmosfer Bumi dan luar angkasa, sekitar 100 kilometer di atas permukaan laut.

Setelah kapsul mencapai puncak ketinggiannya, para kru mengalami penurunan bobot selama beberapa menit, sebelum mulai turun kembali ke Bumi dan mendarat pada pukul 09:22 EDT.





Titik tertinggi kapsul New Shepard adalah 107,05 km di atas permukaan laut. Roket mendarat pada pukul 09:19 EDT, dan kapsul mendarat pada 09:22 EDT, sekitar 10 menit setelah lepas landas.

Setelah pendaratan ini, Blue Origin menjuluki semua kru sebagai astronot. Funk menjadi salah satu kru paling tua dengan usia 82 tahun. Sebelumnya, Funk merupakan calon astronot wanita yang terpilih pada tahun 1960-an untuk proyek Mercury 13.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More