Peneliti Temukan Rahasia Panjang Umur dalam DNA Ikan Rockfish

Sabtu, 13 November 2021 - 11:40 WIB
Akan sulit untuk menginterpretasikan temuan tersebut, karena Rockfish berumur panjang cenderung tumbuh lebih besar dan hidup lebih dalam di laut daripada spesies yang berumur pendek. Ukuran dan kedalaman dapat mempengaruhi umur Rockfish secara tidak langsung.

Namun, para peneliti fokus pada gen DNA Rockfish saja. Mereka mengidentifikasi 56 gen yang terkait dengan umur panjang. Diketahui, beberapa gen ini membantu mengontrol insulin dan glukosa yang memegang peranan penting dalam metabolisme energi, proses ini terjadi pada ikan dan juga manusia.

Para peneliti juga menemukan bahwa spesies Rockfish berumur panjang memiliki lebih banyak salinan gen butyrophilin. Gen ini membantu menekan peradangan dan terlibat dalam penyakit radang pada manusia. “Gen butyrophilin ekstra dapat membantu Rockfish hidup lebih lama dengan menjaga peradangan tetap terkendali,” kata Owens.

Butyrophilin adalah keluarga protein dan subkelompok dari setidaknya 10 gen dalam keluarga Superfamili Imunoglobulin (super Ig) yang terdapat pada manusia, tikus, sapi, kambing dan spesies lainnya. Sedangkan Superfamili Imunoglobulin adalah superfamili protein besar pada permukaan sel dan protein terlarut yang terlibat dalam proses pengenalan, pengikatan, atau adhesi sel.

Untuk itu, para ilmuwan optimistis, jika gen itu berhasil untuk Rockfish, mungkin suatu hari nanti bisa bekerja untuk manusia juga. “Perjalanan kita masih panjang. Tetapi jika kita dapat menemukan, katakanlah, beberapa obat, beberapa molekul, yang mungkin digunakan untuk umur panjang manusia atau penyakit peradangan tertentu ," kata Param Priya Singh, Ahli Biologi Evolusi Universitas Stanford.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More