8 Fakta Menarik Tentang Buaya, Semua di Luar Nalar

Senin, 22 November 2021 - 12:33 WIB
Udara yang dipaksa melalui sinus bercampur dengan air mata di kelenjar lakrimal buaya, atau air mata, yang bermuara di kelompak mata. Kelenjar menghasilkan cairan yang membantu untuk membersihkan mata dan melumasi bagian membran nictitating di permukaan mata buaya.

3. Buaya Tertua Hidup 140 Tahun

Buaya air asin memiliki umur rata-rata 70 tahun. Buaya Nil bisa hidup hingga 100 tahun. Namun, beberapa buaya telah memecahkan rekor tersebut dan hidup lebih lama. (Baca juga; 10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Bumi, Kura-Kura dan Buaya Tidak Masuk )

Mr Freshie adalah buaya air tawar di Kebun Binatang Australia hidup sampai 140 tahun. Menjadikannya buaya tertua yang diketahui ditangkaran. Dia hidup lama meskipun ditembak dua kali di bagian ekor dan mata kiri, luka tembakan itu membuatnya buta dan terluka parah.

4. Buaya Tidak Bisa Mengunyah Makanan

Rahang buaya tidak bisa bergerak ke samping, artinya reptil ini tidak bisa menggiling atau mengunyah makanan. Buaya merobek potongan tubuh mangsanya dan menelannya secara utuh. Tidak sulit bagi buaya karena reptil ini memiliki gigitan terkuat di dunia.

5. Buaya Bisa Menahan Napas Selama Satu Jam



Buaya dapat menahan napas di bawah air setidaknya selama satu jam tanpa menghirup udara. Kemampuan ini karena buaya dapat mengurangi detak jantung menjadi 2-3 detak per menit. Para peneliti menemukan bahwa buaya dapat menyesuaikan konsumsi oksigen sehingga memungkinkan untuk menyelam lebih lama.

Waktu terlama yang tercatat buaya mampu menahan napas delapan jam di air dingin. Buaya menggunakan lebih sedikit energi dan oksigen di air dingin dibandingkan saat berada di air hangat. (Baca juga; Zebra Itu Berkulit Hitam Bergaris Putih, atau Berkulit Putih dengan Strip Hitam? )
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More