Bak Cinta yang Kering Ditelikung, Laut Aral Mengering Setelah 2 Sungai Sumber Mata Airnya Dialihkan

Sabtu, 27 November 2021 - 09:50 WIB
Foto-foto satelit dari tahun 2000 menunjukkan bahwa danau itu telah terbelah menjadi Laut Aral Utara kecil di Kazakhstan dan Laut Aral Selatan yang lebih besar di Uzbekistan. Aral Selatan kemudian dipisahkan menjadi lobus (cekungan) barat dan timur.

Ini bukan pertama kalinya cekungan timur kehilangan air. Pada tahun 2009 hampir mengering, tetapi kemudian pulih pada tahun 2010 karena tingkat air berfluktuasi antara tahun kering dan basah. (Baca juga; Waduk Al-Duwaysat di Idlib Suriah Mengering, Pertama Kali Sejak Dibangun Tahun 1994 )

Saat ini Kazakhstan mencoba menyelamatkan Laut Aral Utara, salah satunya dengan membangun proyek bendungan yang selesai pada tahun 2005. Pada tahun 2008, permukaan air kembali meninggi kadar garam berkurang, dan ikan-ikan kembali bermunculan.

Namun, nasib Laut Aral Selatan masih suram. Menyusutnya Laut Aral telah dijuluki sebagai salah satu bencana lingkungan terburuk di planet ini. (Baca juga; Penemuan Situs Green Arabia, Arkeolog Temukan Sisa Danau Purba dan Tulang Kuda Nil )
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More