6 Keunikan Bumi yang Patut Disyukuri, Nomor 3 Tak Dimiliki Planet Lain

Rabu, 22 Desember 2021 - 13:02 WIB

Kestabilan bumi juga dibentuk oleh keberadaan bulan yang posisinya bertetangga. Bulan menstabilkan rotasi Bumi, mencegah pergerakan kutub yang drastis sehingga menyebabkan perubahan iklim. Bulan juga membentuk kondisi di permukaan air yang dinamis dengan menciptakan pasang surut air laut.

Jupiter juga punya peran penting untuk ke stabilan Bumi, meskipun jaraknya sangat jauh. Dengan massanya yang besar, Jupiter bertindak sebagai semacam ruang hampa udara yang membersihkan puing-puing yang mengacaukan tata surya.

Bayangkan jika batu-batuan seukuran mobil dan sebesar bulan secara dramatis menghantam permukaan Bumi. (Baca juga; 6 Asteroid yang Melintas Dekat dan Mengancam Bumi Sepanjang 2021 )

3. Diselimuti Air

Mungkin fitur unik yang paling mencolok dari Bumi adalah lautannya yang luas, menutupi 70% permukaan planet ini. Bumi adalah satu-satunya dunia di tata surya yang punya air di permukaannya. Lautan yang luas adalah ciri utama yang membuat Bumi unik.

Para ilmuwan percaya bahwa Mars dan Venus juga memiliki lautan, tetapi sudah lama hilang. Begitu juga dengan penemuan tanda-tanda air es di Merkurius hingga Saturnus, namun para ilmuwan masih belum menemukan bentuk keberadaan air di permukaan. (Baca juga; Dalam 5 Tahun Gletser Kiamat Ini Bakal Runtuh, Permukaan Laut Naik 65 Sentimeter )