6 Keunikan Bumi yang Patut Disyukuri, Nomor 3 Tak Dimiliki Planet Lain

Rabu, 22 Desember 2021 - 13:02 WIB
Menariknya, air terikat dengan fitur unik lain dari Bumi yaitu lempeng tektonik. Lempeng tektonik menjaga suhu planet tetap stabil dalam kisaran suhu agar air dapat bertahan. (Baca juga; Bikin Merinding, Foto Luar Angkasa Ini Rekam Letusan Mematikan Gunung Semeru )

Selain itu, sistem lempeng tektonik Bumi yang bergerakan slip-sliding dari kerak bumi, punya peran dalam pembentukan bentang alam yang indah di Bumi. Lempeng tektonik diperkirakan telah membentuk pegunungan yang menjulang tinggi di permukaan dan kedalaman laut.

"Air melumasi lempeng tektonik, sehingga menyebabkan perbedaan ekstrem antara benua dan dasar laut. Lempeng tektonik punya andil dalam sejumlah besar gempa bumi dan gunung berapi, termasuk pembentukan gunung baru," kata Mike Brown, ilmuwan planet di Caltech.

5. Punya Keragaman Habitat dan Alam yang Cantik

Dengan lautan yang stabil, menjadikan Bumi sebagai tempat tinggal yang nyaman bagi makhluk hidup. Beragam makhluk hidup punya habitat yang unik di perairan maupun daratan. Mulai dari amuba hingga gajah dan dari pohon ek hingga ikan zebra semua hidup dengan baik.

Keberagaman makhluk hidup dan hayati menjadikan Bumi sebagai tempat berbagai bentang alam yang cantik. Semua dapat mendukung kehidupan makhluk hidup dan dipelajari bagaimana ekosistem itu terbentuk.

Bahkan dari Bumi yang stabil ini kita bisa memperlajari berbagai kehidupan di planet lain. Dari Bumi manusia bisa mempelajari galaksi di sekitarnya untuk dijadikan ilmu pengetahuan dan perbandingan nyata. (Baca juga; Fenomena Langka, Penampakan Ubur-Ubur Hantu Raksasa di Teluk California )