Mampu Tumbuhkan Kaki Katak yang Putus, Ilmuwan Sempurnakan Obat Rahasia Ini untuk Mamalia

Kamis, 27 Januari 2022 - 14:42 WIB

Jari kaki baru yang terbentuk sebagian bahkan tumbuh dari ujung anggota badan. Katak dapat menggunakan kaki barunya untuk berenang dan bergerak melintasi daratan, dan mereka merespons rangsangan sentuhan. Pada pemeriksaan lebih dekat mekanisme di balik regenerasi, tim melihat bahwa dalam beberapa hari pertama perawatan, jalur molekuler membantu perkembangan embrio yang diaktifkan sekali lagi.

“Sangat menarik untuk melihat bahwa obat yang kami pilih membantu membuat anggota tubuh yang hampir lengkap. Fakta bahwa hanya diperlukan paparan singkat terhadap obat-obatan untuk menggerakkan proses regenerasi selama beberapa bulan ,” kata Nirosha Murugan, salah seorang ilmuwan dikutip SINDOnews dari laman Newatlas, Kamis (27/1/2022)..

Para peneliti mengatakan bahwa langkah selanjutnya akan melibatkan pengembangan teknik untuk menumbuhkan anggota tubuh yang lebih lengkap dan fungsional, dan mengeksplorasi apakah proses yang sama dapat bekerja pada mamalia. Ini bakal menjadi terobosan dalam pengobatan regeneratif.