5 Negara Produsen Listrik Bertenaga Nuklir Terbesar di Dunia

Jum'at, 11 Maret 2022 - 14:25 WIB
Negara produsen listrik bertenaga nuklir masih didominasi oleh negara-negara maju di dunia. Foto/Chuyuss/Shutterstock
JAKARTA - Negara produsen listrik bertenaga nuklir masih didominasi oleh negara-negara maju di dunia. Ini karena memang dibutuhkan teknologi dan biaya tinggi untuk membangun satu reaktor nuklir.

Saat ini terdapat 441 reaktor nuklir di seluruh dunia yang memasok sekitar 10% kebutuhan listrik global. Namun ada lima negara terbesar di dunia yang memproduksi listrik tenaga nuklir, dua diantaranya berada di Asia.

Dikutip dari Power Technology, masih sedikit dari negara-negara di dunia yang menggunakan reaktor nuklir untuk pembangkit listriknya. Ini karena persepsi publik masih negarif soal limbah yang dihasilkan karena dinilai sangat berbahaya.

Kelebihan lain dari reaktor nuklir adalah tidak menghasilkan gas rumah kaca langsung seperti pembangkit listrik tenaga batu bara atau minyak bumi. Sayangnya, limbah radioaktif yang dihasilkan sangat berbahaya dan berdampak buruk jangka panjang.

Di balik itu semua, sejumlah negara maju saat ini masih mengandalkan reaktor nuklir untuk pembangkit listriknya. Berikut 5 Negara produsen listrik bertenaga nuklir yang diurutkan dari yang terbanyak:



1. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki total kapasitas nuklir terpasang sebesar 91,5GW yang dihasilkan dari 93 reaktor nuklir yang tersebar di 30 negara bagian. Pada 2019, negara menggunakan ini untuk menghasilkan 843TWh, lebih dari 30% dari produksi energi nuklir global.



Ini mewakili 20% dari total konsumsi listrik negara itu, karena AS lebih bergantung pada gas alam dan batu bara untuk pembangkit listrik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More