Begini Penampakan Reptil Purba, Fosil Berusia 308 Juta Tahun Rekam Evolusi Ketika Ular Memiliki Kaki

Kamis, 31 Maret 2022 - 20:13 WIB

Fosil dalam koleksi Milwaukee termasuk bagian depan kerangka hewan, sedangkan fosil yang disimpan di Chicago secara signifikan lebih lengkap. Berdasarkan jejak yang ditinggalkan oleh jaringan lunak di batu sekitarnya, tim menentukan bahwa Nagini mazonense kemungkinan memiliki moncong bulat yang cocok untuk menggali lebih dulu.

Fosil Field Museum juga mempertahankan korset panggul belakangnya dan satu kaki belakang dengan empat jari kecil. Berdasarkan ukuran relatif dari dua spesimen, tim menentukan fosil MPM menjadi dewasa dan Museum Lapangan menjadi remaja.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa Nagini mazonense dewasa dapat tumbuh menjadi sekitar 10 sentimeter panjangnya, dengan 85 tulang belakang dan 85 pasang tulang rusuk. Karena hewan tersebut tidak memiliki tungkai depan, ilmuwan berhipotesis bahwa makhluk itu sebagian besar bergerak dengan cara menyamping, gerakan seperti gelombang yang terlihat pada beberapa ular modern.