Buntut Tenggelamnya Kapal Perang Moskva, Rusia Keluarkan Kommuna yang Berusia 110 Tahun

Minggu, 24 April 2022 - 08:28 WIB
Kommuna pertama kali memasuki layanan aktif militer pada tahun 1915 dengan nama Volkhov. Dengan desain lambung ganda catamaran, Kommuna bertugas sebagai kapal penyelamat dan pemandu kapal selam untuk armada Baltik Angkatan Laut Rusia.

Kommuna sudah melalui Revolusi Rusia dan dua Perang Dunia, melayani di Angkatan Laut Kekaisaran Rusia, Soviet, dan sekarang Federasi Rusia. Pada tahun 1922, secara resmi Volkhov berganti nama menjadi Kommuna, atau Komune dalam bahasa Inggris, yang cocok dengan realitas politik Rusia yang berubah drastis saat itu.

Di awal penugasannya, Kommuna merawat kapal selam, termasuk memperbaiki dan mengisi bahan bakar dan menukar kru, selain menjalankan misi pemulihan. Misi penting Kommuna menyelamatkan berbagai objek mulai dari kapal hingga pesawat terbang yang tenggelam di laut.



Kommuna dianugerahi Medal For The Defense of Leningrad untuk perannya dalam menyelamatkan berbagai objek dari kapal pasokan yang tenggelam selama kampanye Leningrad Perang Dunia II yang mengerikan. Setelah perbaikan pada tahun 1967, Kommuna pindah ke Laut Hitam dan dilengkapi dengan kapal selam pemulihan.

Desain lambung ganda kapal pada awalnya dimaksudkan untuk menyediakan ruang bagi kapal selam yang berlabuh dan berbagai objek yang diselamatkan. Saat dia ditingkatkan selama bertahun-tahun dan kapal selam tumbuh jauh lebih besar, area pusat menjadi rumah bagi kapal selam kecil penyelamat yang lebih kompak atau kapal selam yang lebih kecil yang dikendalikan dari jarak jauh, serta menjadi tempat puing yang telah diangkat ke permukaan.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More