Buntut Tenggelamnya Kapal Perang Moskva, Rusia Keluarkan Kommuna yang Berusia 110 Tahun

Minggu, 24 April 2022 - 08:28 WIB
Pemandangan langka tersaji di Laut Hitam ketika Angkatan Laut Rusia kembali mengerahkan kapal penyelamat antik yang sudah berusia 110 tahun, Kommuna. Foto/The War Zone
SEVASTOPOL - Pemandangan langka tersaji di Laut Hitam ketika Angkatan Laut Rusia kembali mengerahkan kapal penyelamat antik yang sudah berusia 110 tahun, Kommuna. Diketahui kapal yang memiliki bentuk unik ini pertama kali memasuki layanan aktif militer era Uni Soviet pada tahun 1915 dengan nama Volkhov.

Menurut laporan oleh analis pertahanan independen H.I. Sutton, kehadiran kembali salah satu kapal angkatan laut tertua di dunia ke Laut Hitam sangat menarik perhatian. Diperkirakan Rusia sedang menggelar operasi penyelamatan setelah tenggelamnya kapal penjelajah kelas Slava Rusia Moskva ketika perang dengan Ukraina sedang berkecamuk.

Menurut Sutton, kemungkinan Kommuna membawa kendaraan penyelamat deep-submergence rescue (DSRV) AS-28 yang dirancang untuk menyelam sedalam 1.000 meter. Dia percaya kedalaman bangkai kapal penjelajah Moskva akan mudah dicapai dengan perangkat keras yang dimiliki kapal antik yang masih cukup modern.



Dikutip dari laman The War Zone, Minggu (24/4/2022), Kapal Kommuna sudah lama bermarkas di Sevastopol, Krimea, dekat lokasi di Laut Hitam tempat Moskva tenggelam. Dengan posisi markas Kommuna paling dekat dengan lokasi tenggelamnya Moskva, pengerahkan kembali kapal yang berusia lebih dari satu abad ini untuk misi penyelamatan adalah pilihan logis.



Para ahli seperti Sutton tidak yakin Rusia mencoba menyelamatkan semua atau bahkan sebagian besar badan kapal penjelajah Moskva yang tenggelam. Meskipun tidak ada laporan resmi apa sebenarnya yang ada di atas kapal Moskva, diperkirakan ada barang-barang rahasia dan senjata sensitif serta sistem komunikasi penting yang jadi prioritas tinggi untuk diselamatkan.



Belum ada keterangan resmi dari Rusia terkait pengerahakan kembali kapal penyelamat Kommuna di Laut Hitam. Namun, kehadiran kembali kapal penyelamat Angkatan Laut Rusia yang berusia lebih dari satu abad di tengah perang menjadi menarik.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More