Mengenal Hukuman Yue yang Brutal Terhadap Wanita di Zaman China Kuno

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:45 WIB
Penemuan kerangka kaki yang diamputasi di Zhouyuan adalah bukti paling awal dari hukuman yue. Para peneliti juga telah melaporkan kerangka yang dimutilasi dengan luka serupa di kuburan kuno dan ada kemungkinan lebih tua usianya.

Tradisi China kuno mencatat ada lima jenis hukuman yang berlaku sampai dihapuskan pada abad kedua SM oleh Kaisar Wen dari dinasti Han, dengan sistem denda, cambuk, kerja paksa, dan pengasingan; penjahat terburuk hanya dieksekusi.



Lima hukuman brutal yang pernah ada zaman China kuno adalah, yaitu Mo, Yi, Yue, Gong, dan Da Pi. Hukuman mo, berupa pemberian tato di wajah atau dahi yang tak terhapuskan.

Hukuman yi, berupa potong hidung bagi pelaku kejahatan, hukuman yue dengan amputasi kaki (beberapa pelanggar terburuk dipotong kedua kakinya); dan hukuman gong berupa pengebirian total yang brutal.

Sedangkan kelima adalah da pi, hukuman mati yang dapat dilakukan dengan pemenggalan kepala. Alternatifnya orang yang dihukum bisa direbus hidup-hidup atau dicabik-cabik oleh kuda.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More