Punya Gigi Mirip Manusia, Sheepshead Fish Dijuluki Ikan Iblis

Jum'at, 03 Juni 2022 - 07:50 WIB
Sheepshead Fish mengunyah makanan mereka seperti manusia. Foto: ist
JAKARTA - Ikan Sheepshead (Archosargus probatocephalus) adalah spesies ikan laut yang unik. Sebab, memiliki gigi yang mirip manusia. Bahkan, ikan Kepala Domba tersebut mengunyah makanan mereka seperti manusia.

Sheepshead biasa ditemukan di sepanjang garis pantai timur Amerika Utara dan Amerika Selatan. Nah, berikut beberapa fakta tentang ikan Sheepshead:

Dijuluki Ikan Narapidana

Ikan Sheepshead bisa dikenali lewat garis-garis vertikal gelap di tubuh abu-abu mudanya. Sebagian orang menjulukinya ikan narapidana karena keunikan tampilannya itu.

Ikan tersebut juga memiliki duri tajam di punggungnya. Sebagian besar ikan kepala domba tumbuh antara 43 cm-45 cm. Namun, ada juga yang mencapai 91 cm.



Mengapa Punya Gigi Manusia?



Gigi ikan Sheepshead tumbuh persegi. Semakin mirip gigi manusia saat mereka dewasa. Sehingga ikan tersebut bisa memakan mangsa bercangkang keras.

Saat masih kecil, ikan Sheepshead memakan hewan bertubuh lunak dan berbagai hewan kecil bercangkang, termasuk krustasea kecil seperti ostracod. Setelah tumbuh sekitar 5 cm, mereka mulai memakan hewan bercangkang keras seperti moluska dan teritip.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More