5 Hewan Purba Laut Tertua yang Masih Ada, Nomor 5 Lebih Tua dari Dinosaurus

Selasa, 07 Juni 2022 - 12:28 WIB
4. Nautilus

Anggota kelompok cephalopoda ini terlihat seperti siput yang berenang dengan tentakel. Hewan ini menjadi salah satu hewan purba laut tertua yang masih hidup sampai saat ini. Dalam sejarahnya, Nautilus sudah ada sejak 500 juta tahun yang lalu.

Dikutip dari situs PADI, spesies ini cukup lambat tumbuh dewasa dan lambat bermanuver. Namun, seekor Nautilus sendiri bisa bertahan hingga 100 tahun lamanya. Dengan penglihatan yang buruk, mereka bisa selamat dari kepunahan yang menimpa hewan-hewan lain di masanya.

5. Ubur-Ubur

Sebagian orang mungkin akan terkejut melihat fakta yang satu ini. Ubur-ubur diketahui sudah ada sejak sekitar 500-700 juta tahun yang lalu. Bahkan, mereka sudah lebih dulu ada sebelum Dinosaurus.

Dikutip dari situs Ocean, Jellyfish pada dasarnya tidak memiliki tulang atau bagian keras dalam tubuhnya. Hal ini tentu menyulitkan peneliti dalam menemukan fosilnya. Pada tahun 2007, sekelompok ilmuwan termasuk Allen Collins dari Smithsonian National Museum of Natural History menemukan beberapa fosil ubur-ubur yang telah terkubur dari 505 juta tahun yang lalu.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More