Spesifikasi Roket Long March 5B China yang Jatuh di Samudra Hindia

Selasa, 05 Juli 2022 - 18:59 WIB
Roket Long March 5B meluncurkan Tianhe, modul inti stasiun ruang angkasa baru China, pada 28 April 2021. Foto/CASC/Space.com
BEIJING - China mengembangkan roket Long March 5 pada awal tahun 2000-an untuk menggantikan roket Long March 2, 3 dan 4 yang sudah tua. Long March 5 merupakan roket dua tahap dan empat pendorong yang baru memiliki panjang 57 meter dan diameter 5 meter.

Dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Selasa (5/7/2022), roket Long March 5 adalah yang terbesar dan terluas di China, sehingga mampu mengangkat muatan seberat 14.000 kg ke orbit transfer geosynchronous. Roket tersebut telah memungkinkan China untuk meluncurkan misi antarplanet pertamanya, Tianwen 1, ke Mars, serta misi pengembalian sampel bulan Chang'e 5.

Penerbangan pertama datang pada November 2016, membawa satelit komunikasi baru yang besar. Peluncuran kedua, pada Juli 2017, gagal, membuat roket di-ground selama sekitar 900 hari, sementara masalah desain dengan mesin turbopump YF-77 diisolasi dan diperbaiki.



Varian Long March 5B tidak memiliki tahap kedua dan dirancang khusus untuk meluncurkan tiga modul stasiun ruang angkasa China yang besar, sekitar 22.000 kg ke orbit. Long March 5 dan 5B diluncurkan dari pelabuhan antariksa pantai yang dibangun khusus di Wenchang di pulau Hainan.



Peluncuran pertama Long March 5B menempatkan prototipe pesawat ruang angkasa awak generasi baru ke LEO pada tahun 2020 dan meluncurkan modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe 1 pada April 2021. Tahap pertama dari kedua roket Long March 5B ini akhirnya membuat profil tinggi , entri ulang yang tidak terkontrol.

Dikutip dari laman Spacenews.com, Long March 5B, varian roket terbesar China, berhasil meluncurkan modul Tianhe 22,5 metrik ton dari Wenchang Kamis 30 April 2021 waktu setempat. Tianhe terpisah dari tahap inti peluncur setelah 492 detik penerbangan, langsung memasuki orbit awal yang direncanakan.

Dirancang khusus untuk meluncurkan modul stasiun ruang angkasa ke orbit rendah Bumi, Long March 5B secara unik menggunakan tahap inti dan empat penguat samping untuk menempatkan muatannya langsung ke orbit rendah Bumi.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More