Piring Antik Termahal di Indonesia, Segini Harganya!

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:23 WIB
Selain piring, peralatan makan lain yang juga ditemukan di Indonesia dan memiliki harga selangit adalah mangkuk kuno. Penemuan mangkuk kuno salah satunya terjadi di Dumai, Riau pada Desember 2015. Barang kuno itu ditemukan oleh seorang warga di sekitar tempat tinggalnya. Ada 3 mangkuk dan guci yang diketemukan pada kedalaman 2 meter.

Sebenarnya, penemuan itu sudah terjadi di tahun 2011. Namun, warga yang diketahui bernama Masri itu baru melaporkannya ke pemerintah di tahun 2015. Sama seperti piring kuno, harga mangkuk kuno termahal di Indonesia tidak diketahui secara pasti. Namun berdasarkan penelusuran di berbagai e-commerce, harganya cukup bervariasi antara Rp400 ribu sampai Rp7 juta.



Piring dan mangkuk kuno adalah di antara benda-benda yang sering ditemukan di Indonesia. Seperti temuan benda-benda kuno di Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, tepatnya di Desa Betung Barat.

Pada 2017, warga dikejutkan dengan penemuan barang-barang keramik zaman dahulu di halaman rumah seorang warga. Saat itu, pemilik rumah hendak menanam kunyit, namun ketika menggali tanah, ia menemukan benda yang keras. Ternyata benda itu sebuah mangkuk dengan pola kuno. Sejumlah warga kemudian melanjutkan penggalian hingga ditemukanlah benda-benda lainnya. Benda temuan tersebut adalah satu piring dan dua mangkuk berukuran besar, lima piring dan delapan mangkuk dengan ukuran kecil, serta satu guci.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More