Deretan Keris Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Miliaran!

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:42 WIB
loading...
Deretan Keris Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Miliaran!
Salah satu keris dhapur sempono luk 9, pamor junjung derajat ujung gunung dengan estimasi tangguh Blambangan. Keris dengan pamor junjung derajat ini banyak diburu para pejabat. Foto: iNews.id/Ainun Naji
A A A
JAKARTA - Keris merupakan senjata kuno yang kerap dijadikan warisan secara turun-temurun dari raja-raja di Indonesia. Bahkan, keris juga menjadi salah satu budaya khas Indonesia, serta senjata khas penduduk Jawa.

Bentuknya yang beragam membuat keris menjadi salah satu benda favorit yang kerap diincar kolektor barang antik. Bukan hanya itu, keris juga mempunyai sejarah dan ceritanya masing-masing.

Sejumlah kolektor keris bahkan percaya bahwa benda pusaka ini memiliki kekuatan magis tersendiri. Berikut deretan keris kuno yang langka sekaligus keris termahal di Indonesia yang diburu para kolektor.

Keris Naga Raja
Deretan Keris Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Miliaran!

Hingga saat ini, keris kuno termahal jatuh kepada Keris Naga Raja yang mempunyai harga Rp7 miliar. Keris ini dimiliki oleh seorang kolektor bernama Hardo Wiyono di Yogyakarta.

Keris Naga Raja sempat dipamerkan dalam pameran dengan tajuk Masterpiece Keris Nusantara yang diadakan pada 9 hingga 10 Februari 2019 di Hotel Rose-In Yogyakarta.

Bentuk Keris Naga Raja lurus dan bermotif Tumurun Wengkon. Keris ini juga memiliki ornamen emas yang membalut di kedua sisi dari kepala sampai ekor keris. Usut punya usut, Keris Naga Raja merupakan keris yang dibuat pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwana VII yang memerintah dari tahun 1877 hingga 1920.

Sang pemilik Keris Naga Raja, Hardo Wiyono diketahui baru ingin melepas keris itu di harga Rp7 miliar. Dulu sempat ada yang menawar keris itu di harga Rp3,5 miliar, namun ditolak Hardo Wiyono karena keris ini sangat langka.

Keris Pusaka Mpu Gandring
Deretan Keris Langka yang Diburu para Kolektor, Harganya Miliaran!

Gambaran pembuatan keris di masa lalu. Foto: Historia.id

Salah satu keris yang dicari kolektor adalah Keris Mpu Gandring. Benda pusaka ini rupanya memiliki sejarah yang berkaitan dengan salah satu kerajaan Hindu di Jawa, lebih tepatnya Kerajaan Singasari di Malang.

Dalam riwayatnya, benda pusaka yang melegenda ini merupakan pesanan Raja Singasari, yaitu Ken Arok, kepada Mpu Gandring. Namun nahasnya, keris sakti ini memakan korban tuannya sendiri.

Sejarah mengisahkan, Ken Arok meminta Mpu Gandring untuk membuat keris yang harus jadi dalam satu malam. Hal tersebut sangat mustahil, karena membuat keris merupakan pekerjaan berat dan hanya bisa dikerjakan oleh pandai besi yang sakti.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2596 seconds (11.97#12.26)