8 Spesies Hewan Unik yang Baru Ditemukan, Ada Laba-Laba Warna Biru!

Jum'at, 08 Juli 2022 - 09:12 WIB
Cyclopes Didactylus termasuk dalam spesies trenggiling, dengan bentuk tubuh yang imut dan menggemaskan. Foto: ist
JAKARTA - Para ilmuwan terus menemukan beragam spesies hewan unik . Tidak hanya unik dalam hal bentuk, tapi juga kemampuannya untuk menghindari para pemangsa. Nah, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Eriovixia gryffindori

Spesies laba-laba ini sangat unik karena memiliki tubuh tubuh yang menyerupai topi sihir di Harry Potter. Karena itu, penemunya memberi nama Eriovixia gryffindori. Gryffindor adalah salah satu nama asrama di Sekolah Sihir Hogwarts di serial Harry Potter karya J. K. Rowling. J.K. Rowling tidak hanya memberikan persetujuannya. Tapi, juga menyelamati tim peneliti.

Laba-laba ini sangat kecil. Ukurannya hanya 7 mm, ditemukan di Karnataka, barat daya India. Warnanya kecoklatan dan memiliki lekukan di bagian atasnya. Bentuk dan warnanya membantu laba-laba menyatu dengan dedaunan mati untuk menghindari pemangsa.

2. Geckolepis megalepis

Biasanya, tokek akan menjatuhkan ekornya untuk melarikan diri dan menghindari bahaya atau pemangsa. Tapi Geckolepis megalepis berbeda. Ia memiliki sisik seperti ikan, dan dapat melepaskan kulit dan sisiknya untuk meloloskan dari bahaya dengan telanjang.

Sisik Geckolepis megalepis besar dan tumpang tindih. Sehingga bisa dilepaskan dengna mudah. Setelah beberapa minggu, sisik itu tumbuh kembali. Dan ini lebih efektif daripada melepaskan ekor yang tidak bisa tumbuh lagi.