Selain Ikan Channa, Ini 8 Jenis Ikan Predator yang Bisa Dipelihara dan Harganya

Selasa, 12 Juli 2022 - 21:23 WIB
Pari air tawar termasuk ikan yang difavoritkan untuk dipelihara, meski harganya cukup mahal. Mencapai Rp1 juta-Rp15 jutaan. Foto: ist
JAKARTA - Ikan Channa menjadi ikan predator yang banyak diburu oleh pehobi ikan hias. Ikan yang disebut sebagai snakehead emperor alias kaisar kepala ular itu diminati karena relatif mudah dipelihara, harga yang terjangkau, juga memiliki warna dan corak tubuh yang indah.

Dibandingkan ikan hias lainnya, jenis ikan predator memang lebih menantang dan seru. Mengapa? Sebab, ikan predator memangsa hewan lain atau ikan yang lebih kecil sebagai makanannya. Proses ketika ikan predator melahap mangsanya bisa jadi tontonan atau keunikan tersendiri.

Nah, selain ikan Channa, ada beberapa ikan predator yang menarik untuk dipelihara. Apa saja?

1. Oscar





Oscar memiliki nama latin Astronotus ocellatus. Tergolong keluarga cichlid atau siklid. Ikan ini terbilang cukup gesit, galak, dan sangat temperamental dan agresif. Harus hati-hati untuk memelihara dengan ikan lain. Makanannya cacing, ulat, udang, hingga ikan kecil. Harga Oscar Red anakan Rp35.000-45.000 dan dewasa sekitar Rp100.000-Rp150.000.

2. Jewel Cichlid



Sama seperti Oscar, Jewel Cichlid cenderung agresif. Yang paling bagus, adalah jenis Red Jewel yang lebih sedap dipandang dengan totol-totol merah. Makanannya pelet dan cacing beku. Harganya mulai Rp5.000 untuk anakan dan Rp200.000an untuk dewasa.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More