Bertarung 2 Jam, Pemancing Tangkap Ikan Alligator Gar Raksasa

Kamis, 21 September 2023 - 17:44 WIB
loading...
Bertarung 2 Jam, Pemancing Tangkap Ikan Alligator Gar Raksasa
Pemancing di Texas, AS, menangkap ikan Alligator Gar raksasa seberat 128 kg setelah bertarung selama 2 jam 45 menit. Foto/Live Science
A A A
TEXAS - Para pemancing di Texas menangkap ikan Alligator Gar raksasa seberat 128 kg setelah bertarung selama 2 jam 45 menit. Para ahli mengatakan ikan Alligator Gar raksasa tersebut memecahkan 2 rekor dunia yang bertahan selama 72 tahun.

Seorang pemancing bernama Art Weston menangkap ikan Alligator Gar (Atractosteus spatula) raksasa ini pada 2 September 2023 di Waduk Sam Rayburn di Texas timur. Dia menangkap ikan predator itu dengan bantuan kapten kapal lokal Kirk Kirkland saat berada di kapal "Garship Enterprise".

Ikan besar dan kuat ini memiliki panjang sekitar 8,3 kaki atau 2,5 meter dan memiliki ketebalan maksimum sekitar 4 kaki atau 1,2 meter. “Butuh waktu 2 jam 45 menit bagi Weston untuk menangkap makhluk besar itu, yang membuatnya tampak "gemetar" karena kelelahan,” tulis Kirkland dalam postingan Facebook dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (21/9/2023).



Setelah menimbang dan mengukur ikan Alligator Gar itu, kemudian mereka melepaskannya kembali ke waduk yang terhubung dengan Sungai Angelina. Weston dan Kirkland telah menyerahkan bukti tangkapan tersebut ke International Game Fish Association (IGFA).

Hasil tangkapan mereka kemungkinan besar akan memecahkan rekor kelas pancing IGFA Putra seberat 6 pon atau 2,7 kg. Namun, rekor tersebut belum diverifikasi secara resmi.
Bertarung 2 Jam, Pemancing Tangkap Ikan Alligator Gar Raksasa


“Saya memuji Art Weston dan Kirk Kirkland atas tangkapan mereka yang sangat besar,” Solomon David, ahli ekologi perairan di Universitas Minnesota yang menjalankan laboratorium penelitian yang mempelajari ikan Alligator Gar, kepada Live Science.

Menurut David, ikan Alligator Gar yang memiliki panjangnya lebih dari 8 kaki atau 2,4 meter sangat langka. Ikan Alligator Gar terbesar yang pernah tercatat adalah seekor raksasa seberat 327 pon atau 148 kg yang ditangkap di Mississippi pada tahun 2011.



Pada bulan Mei 2022, para pemancing diperkirakan menangkap ikan alligator gar seberat 300 pon atau 136 kg di rawa dekat Houston. Namun spesimen tersebut tidak pernah diukur secara akurat karena orang yang menangkapnya tidak tertarik untuk memecahkan rekor IGFA.

Ikan Aligator Gar bisa tumbuh sangat besar karena habitatnya yang luas dan makanannya berlimpah,. Mereka tumbuh sangat cepat di tahun-tahun awal, mencapai panjang hingga 2 kaki atau 0,6 meter di tahun pertama dan mencapai hingga 6 kaki atau 1,8 meter pada usia 20 tahun.

Ketika ikan Alligator Gar mencapai ketinggian 6 kaki, tingkat pertumbuhannya biasanya melambat secara drastis. Namun, mereka dapat terus tumbuh sepanjang hidupnya, yang mungkin dapat bertahan lebih dari 100 tahun.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)