Tak Berbisa tapi Mematikan, Inilah 4 Jenis Ular Anaconda Terbesar di Dunia

Senin, 05 September 2022 - 18:23 WIB
Dengan nama ilmiah ‘notaeus’ yang berarti punggung dalam bahasa Yunani Kuno, sebab sisik punggung Anaconda Kuning lebih kecil dibanding sisik Anaconda Hijau. Memiliki bobot tubuh di bawah Anaconda Hijau, rata-rata panjang Anaconda Kuning sekitar 10-14 kaki atau sekitar 3-4 meter dan berat 50-100 pon atau sekitar 20-45 kilogram saat dewasa.

3. The Bolivian Anaconda (Eunectes Beniensis)

Anaconda Bolivia atau Beni merupakan spesies paling baru yang ditambahkan ke genus eunectes, sebab para ahli biologi dan taksonomi menganggap Anaconda Beni merupakan hibrida atau turunan dari Anaconda Hijau dan Anaconda Kuning.

Seperti anaconda lainnya, Anaconda Bolivia bergaya hidup semi akuatik. Dengan bobot tubuh mencapai 50-70 pon atau sekitar 22-32 kilogram dan panjang sekitar 10-14 kaki atau sekitar 3-4 meter.

4. The Dark Spotted Anaconda (Eunectes De Schauenseei)

Terakhir, Anaconda Bintik Gelap memiliki warna coklat atau coklat kehijauan dengan bintik-bintik bulat coklat tua atau hitam. Sebenarnya, warna dan ukuran pada spesies anaconda tergantung dengan habitatnya, seperti sungai tropis atau hutan hujan.

Sekilas, Anaconda Bintik Gelap terlihat mirip dengan Anaconda Hijau. Namun, ukuran tubuhnya jauh lebih kecil dan lebih ramping sehingga dapat bergerak lebih cepat dibanding anaconda lainnya, panjangnya sekitar 5-7 kaki atau sekitar 1,5-2 meter.

(MG/Afridha Khalila)
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More