Tak Berbisa tapi Mematikan, Inilah 4 Jenis Ular Anaconda Terbesar di Dunia

Senin, 05 September 2022 - 18:23 WIB
Anaconda sudah ditetapkan menjadi ular terbesar di dunia, dengan kemampuan berenang yang baik. Foto/Ist
JAKARTA - Anaconda sudah ditetapkan menjadi ular terbesar di dunia, dengan kemampuan berenang yang baik. Berasal dari keluarga ular Boidae, dan genus Eunectes berarti perenang yang baik, anaconda memiliki empat spesies yang masih hidup sampai saat ini di alam liar .

Anaconda memilih gaya hidup semi akuatik, dengan hidup di lahan basah dataran rendah dan rawa-rawa di wilayah tropis di Amerika Selatan, mencakup Brasil, Kolombia, Venezuela, dan Argentina. Tercatat, ular anaconda pernah ditemukan dengan bobot 227 kilogram, panjang 8,43 meter, dan ketebalan 1,11 meter. Berikut 4 jenis ular anaconda terbesar di dunia.

1. Green Anaconda (Eunectes Murinus)

Spesies ular anaconda yang terbesar, terberat, terpanjang, dan paling terkenal dalam genus Eunectes adalah Anaconda Hijau. Sebab, Anaconda Hijau dapat tumbuh lebih dari 200 pon atau 90 kilogram dengan panjang melebihi 15 kaki atau 4,5 meter.





Sesuai namanya, anaconda jenis ini memiliki warna coklat kehijauan, zaitun, atau abu-abu kehijauan, terdapat pula bintik-bintik menyerupai telur hitam atau coklat dengan pusat kuning pada bagian tengah hingga belakang tubuhnya.

2. Yellow Anaconda (Eunectes Notaeus)

Anaconda Kuning atau dikenal juga sebagai Anaconda Paraguay, memiliki warna kuning, coklat keemasan gelap, atau kuning kehijauan pucat, dengan bintik, bercak, garis, serta pita punggung hitam atau coklat tua. Setiap individu memiliki pola khas tersendiri yang beragam dari sisik kuning dan hitamnya di bagian bawah ekor.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More