5 Serangga Terkecil di Dunia, No 3 Berbahaya tapi Menggemaskan!

Jum'at, 09 September 2022 - 08:39 WIB
Dengan ukuran kurang dari setengah milimeter, Euryplatea nanaknihali adalah spesies lalat terkecil di bumi. Lalat kecil ini bertelur di dalam kepala semut, dan begitu telur menetas dan larva tumbuh, mereka mulai melahap inangnya dari dalam ke luar. Akhirnya memenggal kepala semut.

Meski ini sangat mengerikan, mereka bukan satu-satunya spesies lalat yang menggunakan strategi reproduksi semacam itu. Spesies dalam famili lalat Phoridae juga menyimpan telur di tubuh semut.

3. Kalajengking Microtityus Minimus

Kalajengking sering dianggap sebagai salah satu serangga paling ganas dan mematikan. Terbukti mampu melawan dan mengalahkan predator lebih besar seperti laba-laba raksasa. Meski, hanya ada 25 spesies kalajengking yang menghasilkan racun dan mampu membunuh manusia.

Microtityus minimus, kalajengking terkecil di dunia, ditemukan pada 2014 oleh para peneliti yang mensurvei Pulau Hispaniola di Republik Dominika. Kalajengking dewasa hanya berukuran 11 milimeter, yang membuat cakar dan penyengatnya tidak terlalu menakutkan. Bahkan sebenarnya terlihat sangat imut.

4. Belalang Sembah Bolbe Pygmaea

Belalang sembah menginspirasi banyak orang. Di China, bahkan ada jurus bela diri yang terinspirasi belalang sembah. Ordo Mantodea ini terdiri lebih dari 2.400 spesies dan ukuran terbesarnya mencapai 3,5 inci saat berdiri tegak.

Namun, spesies belalang terkecil, Bolbe pygmaea, panjangnya hanya 1 sentimeter dan dapat ditemukan di Australia.