Mengapa Nyamuk Suka Berdengung di Telinga Manusia, Ini Jawabannya

Kamis, 17 Oktober 2024 - 13:01 WIB
loading...
Mengapa Nyamuk Suka...
Mengapa Nyamuk Suka Berdengung di Telinga. FOTO/ Mosquitojoe.
A A A
JAKARTA - Ketika Anda keluar rumah di malam hari, Anda pasti akan mendengar lebih dari beberapa jangkrik berkicau. Anda kemungkinan besar juga mendengar beberapa nyamuk yang mengganggu berdengung di sekitar wajah Anda.



Tampaknya ada satu area yang paling mereka sukai: telinga Anda. Apakah mereka berbisik di telinga And. Lalu mengapa nyamuk suka berdengung di telinga.

Pertama, nyamuk tertarik pada panas dan karbon dioksida , yang terus-menerus kita hasilkan lewat napas. Beginilah cara nyamuk dapat menyerang kita.

Semakin berat napas kita, semakin banyak panas dan karbon dioksida yang kita hasilkan. Ini berarti kita cenderung menarik lebih banyak nyamuk saat kita mengerahkan diri dan bernapas dengan berat.

Kedua, saat kita berada di luar, wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling terbuka. Hal ini menjadi sasaran empuk bagi nyamuk pengganggu.

Intinya adalah; nyamuk tidak secara khusus tertarik pada telinga kita sebagaimana mereka tertarik pada kepala kita secara umum.

Pakaian gelap dan golongan darah merupakan faktor lain yang dapat menarik lebih banyak nyamuk ke satu orang dibanding yang lain. Ya, ini berarti beberapa orang memang memiliki "darah yang lebih manis" dibanding yang lain. Penelitian telah menemukan bahwa orang dengan golongan darah O lebih tertarik pada nyamuk dibanding golongan darah lainnya.

Penghisap cairan vital ini dapat mengetahui jenis darah yang dimiliki kebanyakan orang karena 85% manusia menghasilkan sekresi yang menunjukkan golongan darah mereka. Nyamuk dapat berbicara dengan "bahasa" itu dan memprediksi apakah seseorang memiliki golongan darah favoritnya. Menarik, bukan?

Suara nyamuk yang berdengung merupakan suara yang sangat kita sadari. Tahukah Anda bahwa suara dengungan yang Anda dengar saat nyamuk mendekat sebenarnya berasal dari sayapnya? Nyamuk mengepakkan sayapnya dengan sangat cepat sehingga menghasilkan dengungan khas, yang menandakan akan datangnya gigitan. Jadi, saat Anda mendengar nyamuk berdengung di telinga Anda, waspadalah!

Nyamuk betina dan nyamuk jantan menghasilkan dengungan khas nyamuk, tetapi nyamuk betina sebenarnya menghasilkan suara yang lebih tinggi daripada nyamuk jantan. Meskipun dengungan nyamuk jantan dapat didengar, kebanyakan manusia tidak pernah mendengarnya. Ini karena nyamuk jantan memakan nektar dan tanaman, jadi mereka tidak membidik manusia dengan cara yang sama seperti nyamuk betina. Itu berarti nyamuk jantan juga tidak mengancam kulit Anda yang tidak berdaya!
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2590 seconds (0.1#10.140)