Riset: Penganut Diet Vegetarian Ternyata Lebih Gampang Depresi

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 10:04 WIB
Studi terbaru soal hubungan vegetarian dan depresi dilakukan oleh ilmuwan di Brazil. Foto: ist
BRAZIL - Selama ini penganut diet vegetarian identik dengan gaya hidup sehat, dengan menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Namun, penelitian terbaru mengungkap bahwa vegetarian ternyata lebih gampang depresi dibanding orang yang memakan daging. Demikian diungkap Science Alert.

Ilmuwan dari Brazil ternyata menemukan tingkat depresi yang lebih tinggi di antara mereka yang tidak makan daging. Uniknya, ini tidak ada hubungannya dengan asupan nutrisi atau kekurangan gizi.

Peneliti yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders mengungkap bahwa orang yang menerapkan pola makan vegetarian dapat memengaruhi hubungan seseorang dengan orang lain dan keterlibatan dalam aktivitas sosial.

Ini terkait vegetarian yang acap mendapatkan ejekan atau bentuk pengucilan sosial. Termasuk di internet.



Studi baru ini didasarkan pada data survei yang dikumpulkan di Brazil, negara yang terkenal dengan pola makan dagingnya yang banyak. Namun, hasil penelitian di Brazil ini belum tentu sama ketika diterapkan di negara seperti India atau negara-negara lain yang menganggap vegetarisme merupakan norma sosial.

Salah satu variabel yang tidak diperiksa, tetapi secara masuk akal terkait dengan vegetarianisme dan depresi adalah paparan gambar kekerasan dari industri daging.

Mencegah kekejaman terhadap hewan adalah alasan yang paling sering dikemukakan oleh para vegetarian untuk menghindari daging.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More