Sejarah Terbentuknya Zodiak dan Macam-Macam Zodiak

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 01:01 WIB
Zodiak merupakan sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Zodiak merupakan sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika. Istilah ini juga dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 12.

Sejarah awalnya zodiak yaitu pada saat awal abad ke-14 SM daftar lengkap dari 36 dekan Mesir ditempatkan di antara hieroglif yang menghiasi makam Seti I mereka membayangkan lagi di kuil Ramses II, dan mencirikan setiap monumen astrologi Mesir. Kedua zodiak Dendera yang terkenal menampilkan simbol mereka, yang jelas diidentifikasi oleh Karl Richard Lepsius.

Sekitar akhir abad ke-5 SM, para astronom Babilonia membagi ekliptika menjadi 12 "tanda" yang sama, dengan analogi 12 bulan skema yang masing-masing terdiri dari 30 hari.



Setiap tanda berisi 30° bujur langit , sehingga menciptakan sistem koordinat langit pertama yang diketahui. Menurut perhitungan oleh astrofisika modern, zodiak diperkenalkan antara 409 dan 398 SM, selama pemerintahan Persia, dan mungkin dalam beberapa tahun 401 SM.



Berikut merupakan 12 zodiak yang ada.

1. Aries

Aries atau dalam Bahasa Indonesia Mesa merupakan rasi zodiak pertama, yang mencakup 30 derajat pertama bujur langit di bawah zodiak tropis, Matahari transit di rasi ini umumnya antara 21 Maret sampai 19 April setiap tahunnya.

2. Taurus
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More