Sejarah Terbentuknya 12 Zodiak dalam Horoskop

Selasa, 25 Oktober 2022 - 22:15 WIB
loading...
Sejarah Terbentuknya 12 Zodiak dalam Horoskop
Ternyata sejarah terbentuknya horoskop dengan 12 zodiak di dalamnya sangat panjang. Foto/History of Science Museum/Space/NASA
A A A
JAKARTA - Apakah Anda membaca horoskop setiap pagi? Atau Anda terobsesi dengan korelasi kepribadian dari tanda bintang? Ternyata sejarah terbentuknya horoskop dengan 12 zodiak di dalamnya sangat panjang.

Sama seperti kita sekarang, terlepas apakah Anda percaya pada astrologi atau tidak, manusia telah mencari petunjuk dengan mengamati bintang selama ribuan tahun. Seiring waktu, kemajuan ilmiah dan teknologi memungkinkan untuk tidak terlalu mengandalkan bintang di langit untuk memprediksi pola tertentu.

Astrologi menjadi sekadar keingintahuan dan metode untuk mendapatkan lebih banyak kesadaran diri. Astrologi bukanlah ilmu, karena dinilai tidak ada fakta untuk membuktikan bahwa tanda-tanda zodiak benar-benar berkorelasi dengan kepribadian.

Ini hanyalah metode untuk memprediksi peristiwa bumi dan manusia berdasarkan penempatan matahari, bulan, dan planet-planet dalam konstelasi astrologi. Dikutip dari laman mymodernmet, Senin (25/10/2022), sejarah astrologi berkembang di antara budaya kuno.



Bangsa Sumeria di Mesopotamia, wilayah bersejarah di Asia Barat, adalah yang pertama mulai mencatat pergerakan planet dan bintang. Pada sekitar 3000 SM, mereka mencatat dan mengidentifikasi konstelasi dan pola yang menonjol.

Dalam Mesopotamia, bangsa Babilonia (juga dikenal sebagai Kasdim) menjadi astronom besar pertama. Melanjutkan penelitian bangsa Sumeria, bangsa Babilonia menciptakan roda zodiak pertama.

Pada sekitar akhir abad ke-5 SM, para astronom Babilonia membagi ekliptika menjadi 12 ”tanda” yang sama dengan 12 bulan dalam setahun dengan masing-masing 30 hari. Setiap segmen sering diidentifikasi dengan nama binatang.

Orang Yunani kemudian memberikan istilah untuk zodiak ketika mereka menggambarkannya sebagai zodiakos kyklos, alias lingkaran binatang. Pada sekitar 280 SM, Berossus, seorang pendeta Bel dari Babel, pindah ke pulau Yunani Kos untuk mengajarkan astrologi dan budaya Babilonia kepada orang-orang Yunani.


Sejarah Terbentuknya 12 Zodiak dalam Horoskop
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)