5 Benda Terbesar di Alam Semesta, Bintang Paling Besar Berukuran 1.700 Kali Matahari

Rabu, 02 November 2022 - 13:24 WIB
Alam semesta adalah tempat yang besar, dan penuh dengan hal-hal besar. Planet, bintang, galaksi, dan gugusan galaksi yang luas pada skala yang semakin besar. Foto/LiveScience/NASA
JAKARTA - Alam semesta adalah tempat yang besar, dan penuh dengan hal-hal besar. Planet, bintang, galaksi , dan gugusan galaksi yang luas pada skala yang semakin besar.

Kemampuan alam semesta untuk menghasilkan entitas dengan ukuran dan keagungan yang luar biasa. Berikut 5 benda terbesar di alam semesta yang dirangkum SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (2/11/2022).

1. Planet Ekstrasurya Terbesar, GQ Lupi b

Para astronom tidak yakin apa yang membuat GQ Lupi b misterius ketika pertama kali ditemukan pada tahun 2005. Mengorbit bintang muda sekitar dua setengah kali lebih jauh dari Pluto dari matahari, objek pendamping tampaknya planet atau katai coklat, yang sebenarnya adalah jenis bintang kecil.

Pengamatan selanjutnya belum menjernihkan kebingungan para ilmuwan, tetapi perkiraan terbaik menunjukkan bahwa GQ Lupi b memiliki radius sekitar 3,5 kali Jupiter. Itu berarti bahwa jika itu adalah sebuah planet ekstrasurya, itu adalah yang terbesar yang pernah ditemukan.

2. Bintang Terbesar, UY Scuti