5 Benda Terbesar di Alam Semesta, Bintang Paling Besar Berukuran 1.700 Kali Matahari

Rabu, 02 November 2022 - 13:24 WIB
Alam semesta adalah tempat yang besar, dan penuh dengan hal-hal besar. Planet, bintang, galaksi, dan gugusan galaksi yang luas pada skala yang semakin besar. Foto/LiveScience/NASA
JAKARTA - Alam semesta adalah tempat yang besar, dan penuh dengan hal-hal besar. Planet, bintang, galaksi , dan gugusan galaksi yang luas pada skala yang semakin besar.

Kemampuan alam semesta untuk menghasilkan entitas dengan ukuran dan keagungan yang luar biasa. Berikut 5 benda terbesar di alam semesta yang dirangkum SINDOnews dari laman Live Science, Rabu (2/11/2022).

1. Planet Ekstrasurya Terbesar, GQ Lupi b

Para astronom tidak yakin apa yang membuat GQ Lupi b misterius ketika pertama kali ditemukan pada tahun 2005. Mengorbit bintang muda sekitar dua setengah kali lebih jauh dari Pluto dari matahari, objek pendamping tampaknya planet atau katai coklat, yang sebenarnya adalah jenis bintang kecil.

Pengamatan selanjutnya belum menjernihkan kebingungan para ilmuwan, tetapi perkiraan terbaik menunjukkan bahwa GQ Lupi b memiliki radius sekitar 3,5 kali Jupiter. Itu berarti bahwa jika itu adalah sebuah planet ekstrasurya, itu adalah yang terbesar yang pernah ditemukan.

2. Bintang Terbesar, UY Scuti

UY Scuti adalah bintang hypergiant dengan radius sekitar 1.700 kali lebih besar dari matahari. Ini menjadikan UY Scuti sebagai bintang terbesar yang diketahui di alam semesta.

Jika seseorang menempatkan UY Scuti di pusat tata surya, ujungnya akan melampaui orbit Jupiter. Gas dan debu yang mengalir dari bintang akan meluas lebih jauh, melampaui orbit Pluto, atau sekitar 400 kali jarak Bumi-matahari.

3. Nebula Terbesar, Nebula Tarantula

Nebula terbesar yang diketahui dan wilayah pembentuk bintang paling aktif di lingkungan galaksi kita, adalah Nebula Tarantula yang membentang lebih dari 1.800 tahun cahaya pada rentang terpanjangnya.

Nebula Tarantula juga dikenal sebagai 30 Doradus, objek ini terletak 170.000 tahun cahaya dari Bumi di Awan Magellan Besar, sebuah galaksi satelit kecil yang mengorbit Bima Sakti kita. Alih-alih arakhnida pembunuh, Tarantula ini adalah pembibitan bintang, di dalam lipatan gas dan debunya yang indah, bintang-bintang muda sedang lahir.

4. Galaksi Terbesar, IC 1101

Galaksi Bima Sakti kita memiliki lebar sekitar 100.000 tahun cahaya, tapi itu cukup rata-rata untuk galaksi spiral. Sebagai perbandingan, galaksi terbesar yang diketahui, disebut IC 1101, berukuran 50 kali lebih besar dan sekitar 2.000 kali lebih masif dari galaksi kita.

Membentang selama 5,5 juta tahun cahaya yang mengesankan, IC 1101 sangat besar. Jadi jika ditempatkan di tempat Bima Sakti sekarang, ujungnya akan melampaui tetangga galaksi terdekat kita, Andromeda.

5. Lubang Hitam Terbesar, TON 618

Lubang hitam supermasif diperkirakan bersembunyi di pusat setiap galaksi dan dapat mencatat jutaan kali massa matahari. Tetapi lubang hitam terbesar yang diketahui dapat ditemukan memberi daya pada quasar yang jauh.

Diketahui benda-benda raksasa di alam semesta awal yang memuntahkan radiasi dalam jumlah yang gila-gilaan. Yang satu ini, yang dikenal sebagai TON 618, diperkirakan memiliki massa 66 miliar matahari.