5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota

Rabu, 30 November 2022 - 15:31 WIB


Keuntungan menggunakan mesin tersebut adalah dimensinya yang kompak, menghasilkan daya yang tinggi dan kemampuan beroperasi pada suhu rendah minus 40 derajat Celcius. Kelemahannya, konsumsi bahan bakar yang tinggi, perawatan yang merepotkan, dan harga unit yang tinggi.

Tank T-80 dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm yang stabil dengan autoloader tipe carousel. Penggunaan autoloader mengurangi volume internal dan dimensi eksternal tank, karena tidak membutuhkan kru pengisi amunisi.

Jika autoloader gagal, senjata dapat dimuat secara manual oleh kru. Padahal dalam kasus pemuatan manual, laju tembakan sekitar 1-2 putaran per menit. Tank T-80 memiliki tiga awak, yaitu komandan, penembak dan pengemudi.

Tank T-80B yang ditingkatkan, mulai beroperasi pada tahun 1978, serta varian T-80 yang lebih baru, dapat meluncurkan peluru kendali anti-tank Kobra dengan cara yang sama seperti amunisi biasa. Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin koaksial 7,62 mm dan senapan mesin anti-pesawat 12,7 mm.

4. Tank T-72



Tank T-72 merupakan tank tempur utama generasi ke-2 era Uni Soviet yang legendaris sehingga menyaingi kepopuleran tank T-54/55. Tank T-72 melahirkan lusinan versi baru dan varian lokal di seluruh dunia yang jumlahnya lebih dari 7.000 unit.



Diperkirakan sebanyak 1.700 unit versi B terbaru yang ditingkatkan telah terdaftar dalam layanan Rusia. Untuk tank T-72B/BA sebanyak 1.300 unit dan sebanyak 400 unit telah ditingkatkan ke standar B3, saat ini sekitar 750 unit masuk dalam layanan operasi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More