5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota

Rabu, 30 November 2022 - 15:31 WIB
loading...
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota
Rusia mengerahkan semua tank tercanggih yang dimiliki selama konflik dengan Ukraina yang mulai berlangsung sejak Februari 2022. Foto/Wikipedia
A A A
MOSKOW - Rusia mengerahkan semua tank tercanggih yang dimiliki selama konflik dengan Ukraina yang mulai berlangsung sejak Februari 2022. Sesuai peran khasnya, tank tempur utama mendukung pasukan infanteri, memimpin serangan, dan melakukan terobosan ke pertahanan musuh.

Pasukan Rusia juga masih mengandalkan tank sebagai sarana utama dukungan tembakan terkonsentrasi, bahkan selama perang perkotaan. Berikut daftar 5 tank canggih yang dimiliki Rusia dirangkum SINDOnews dari laman BulgarianMilitary, TankEncyclopedia, TheWarZone, Rabu (30/1/2022).

1.Tank T-14 Armata
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota


Tank T-14 Armata mungkin menjadi salah satu tank paling terlindungi dan dilengkapi sejumlah fitur canggih. Tank T-14 Armata memiliki pelindung dasar baru yang dikembangkan dari baja, keramik, dan material komposit.



Tank T-14 Armata memiliki tambahan baju besi reaktif eksplosif Malakhit baru dan dilengkapi dengan sistem proteksi aktif Afghanit baru. Tank T-4 Armata memiliki sistem penanggulangan baru yang mengurangi ancaman ATGW (senjata anti-tank) musuh dengan panduan semi-otomatis.

Awak tank berjumlah 3 orang dan duduk berdampingan di sel lapis baja yang terlindungi dengan baik, di bagian depan lambung. Ini adalah MBT produksi pertama dengan tata letak kru seperti itu. Tank dirancang dengan menara tak berawak dipersenjatai meriam smoothbore 125 mm baru yang lebih akurat.

Tank ini dapat meluncurkan peluru kendali anti-tank dengan cara yang sama seperti proyektil biasa. Tank dilengkapi sistem autoloader dan memiliki kemampuan memburu dan membunuh. Tank ini dilengkapi dengan mesin diesel yang menghasilkan tenaga 1.200 hp.

2.Tank T-90
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota


Tank T-90 saat ini merupakan satu-satunya tank yang diproduksi Rusia dalam jumlah besar sehingga menimbulkan kegemparan di Barat. Sejak tahun 1990-an tank T-90 adalah tank tempur utama (MBT) paling sukses secara komersial di pasar global.



Juga merupakan salah satu yang termurah di antara MBT modern lainnya. Tank T-90 saat ini banyak dioperasikan Rusia (sekitar 700), Aljazair (305), Azerbaijan (20), India (620), Turkmenistan (40) dan Venezuela (50 -100).

Tank T-90 memiliki bentuk kecil yang membuatnya menjadi target yang lebih sulit untuk dipukul. Kelemahan signifikan dari tank T-90 adalah amunisi yang disimpan di kompartemen utama. Ketika lambung tank ditembus amunisi, onboard yang meledak dapat membunuh semua awak dan menghancurkan tank.

Tank T-90 tidak seakurat memukul target jarak jauh, namun dapat meluncurkan peluru kendali anti-tank dengan cara yang sama seperti amunisi biasa. Tank T-90M terbaru menggunakan sistem pengendalian tembakan yang ditingkatkan secara signifikan daripada T-90 asli.

3. Tank T-80
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota


Tank T-80 merupakan tank bertenaga turbin gas pertama era Uni Soviet dan menjadi tank tempur utama elite penerus tank T-64. Tank T-80 dilengkapi mesin turbin gas GTD-1000T, yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda, membuatnya lebih cepat daripada tank T-72 dan T-64.



Keuntungan menggunakan mesin tersebut adalah dimensinya yang kompak, menghasilkan daya yang tinggi dan kemampuan beroperasi pada suhu rendah minus 40 derajat Celcius. Kelemahannya, konsumsi bahan bakar yang tinggi, perawatan yang merepotkan, dan harga unit yang tinggi.

Tank T-80 dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm yang stabil dengan autoloader tipe carousel. Penggunaan autoloader mengurangi volume internal dan dimensi eksternal tank, karena tidak membutuhkan kru pengisi amunisi.

Jika autoloader gagal, senjata dapat dimuat secara manual oleh kru. Padahal dalam kasus pemuatan manual, laju tembakan sekitar 1-2 putaran per menit. Tank T-80 memiliki tiga awak, yaitu komandan, penembak dan pengemudi.

Tank T-80B yang ditingkatkan, mulai beroperasi pada tahun 1978, serta varian T-80 yang lebih baru, dapat meluncurkan peluru kendali anti-tank Kobra dengan cara yang sama seperti amunisi biasa. Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin koaksial 7,62 mm dan senapan mesin anti-pesawat 12,7 mm.

4. Tank T-72
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota


Tank T-72 merupakan tank tempur utama generasi ke-2 era Uni Soviet yang legendaris sehingga menyaingi kepopuleran tank T-54/55. Tank T-72 melahirkan lusinan versi baru dan varian lokal di seluruh dunia yang jumlahnya lebih dari 7.000 unit.



Diperkirakan sebanyak 1.700 unit versi B terbaru yang ditingkatkan telah terdaftar dalam layanan Rusia. Untuk tank T-72B/BA sebanyak 1.300 unit dan sebanyak 400 unit telah ditingkatkan ke standar B3, saat ini sekitar 750 unit masuk dalam layanan operasi.

Armor tank T-72 terdiri dari baja dan armor komposit dengan ERA. Meriam utama tank ini adalah meriam smoothbore 125 mm 2A46M/2A46M-5, ditambah dua senjata di turret coax PKT 7,62 mm. Ada juga senapan mesin dan senapan mesin antipesawat NSVT atau DShK 12,7 mm. Kedua senapan mesin dirancang untuk pertahanan pertempuran jarak dekat.

Tank T-72 ini ditenagai oleh mesin diesel berbentuk B yang menghasilkan hingga 1.130 tenaga kuda. Hampir 25.000 unit model tank ini diproduksi, dan telah mengambil bagian dalam hampir setiap aksi militer dari tahun 1970-an hingga saat ini.

5. Tank BMPT-72 atau Terminator 2
5 Tank Canggih Rusia, Nomor Terakhir Jagoan Perang Kota


Tank BMPT-72 termasuk jenis langka dan tidak ada padanannya dalam kendaraan lapis baja buatan Barat. Tank yang dijuluki terminator ini dikenal sebagai jagoan perang kota dan terkenal dalam perang kota di Cechnya pada 1990-an dan 2000-an.



Tank Terminator dibangun di atas sasis tank andalan Rusia T-72 dan dilengkapi sejumlah persenjataan berat untuk mendukung perang kota dengan intensitas tinggi. Desain BMPT-72 menekankan pada perlindungan lapis baja dan kemampuan mengatasi berbagai hambatan yang ditemukan di lingkungan perkotaan.

Ketika pertama kali dikembangkan, tank BMPT-72 menampilkan menara yang dipersenjatai meriam otomatis 2A42 30mm tunggal. Ditambah peluncur tipe kotak empat putaran untuk peluru kendali anti-tank 9M133 Kornet (AT-14 Spriggan).

Kemudian desain direvisi dengan persenjataan baru yang lebih berat, meriam otomatis 2A42 30mm kembar, senapan mesin koaksial 7,62 PKT, dan empat ATGM 9M120 Ataka (AT-9 Spiral-2) dalam tabung terpisah. Terakhir, BMPT dilengkapi dengan sepasang peluncur granat otomatis AGS-17D 30mm di bagian depan lambung.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)