Wajah Firaun Musuh Terkuat Nabi Musa Terungkap Lewat Teknologi CT Scan

Jum'at, 20 Januari 2023 - 16:11 WIB
loading...
Wajah Firaun Musuh Terkuat Nabi Musa Terungkap Lewat Teknologi CT Scan
Ramses II kerap ditampilkan sebagai sosok yang sangat tampan dan perkasa di berbagai peninggalan peradaban Mesir Kuno. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Wajah Firaun yang berseteru dengan Nabi Musa terungkap melalui teknologi CT Scan yang dilakukan The Face Lab milik Liverpool John Moores University. Berbekal teknologi itu masyarakat bisa melihat secara langsung wajah dari Firaun yang punya nama lain Ramses II di usia 45 tahun.

Diketahui Ramses II meninggal dunia di usia 90 tahun. Ramses II dianggap sebagai Firaun yang terbesar, terkuat dan paling terkenal dari periode Kerajaan Baru di Mesir Kuno. Ramses II juga merupakan satu-satunya Firaun yang disebut dalam kitab suci dua agama samawi, Islam dan Kristen.

Dalam kedua kitab suci itu Ramses II dikenal sebagai penguasa yang zalim pada orang-orang Israel yang berada di Mesir. Termasuk kepada Nabi Musa yang jadi pemimpin Israel kala itu.

Di sisi lain, Ramses II juga dipuja oleh Mesir karena menjadi yang terkuat dan paling berpengaruh dibanding Firaun lainnya. Dalam setiap kesempatan, Ramses II ditampilkan dengan wajah yang sangat tampan dan perkasa.

Baca juga : Sejuta Cerita Kereta Api Argo Parahyangan yang Akan Berhenti Beroperasi

Wajah Firaun Musuh Terkuat Nabi Musa Terungkap Lewat Teknologi CT Scan


Hal itulah yang coba dicari tahu oleh The Face Lab. Bekerja sama dengan Cairo University mereka melakukan CT Scan terhadap jejak wajah peninggalan Ramses II.

Untuk membuat ulang wajah firaun, kepala radiologi di Cairo University Dr Sahar Saleem memproses ulang CT scan lama dari mumi yang dia ambil antara tahun 2005 dan 2009. Setelahnya dia menggunakan perangkat lunak moderen untuk membuat model tiga dimensi kepalanya.

"Perangkat lunak ini mengidentifikasi sifat-sifat dari berbagai lapisan bahan pada wajah mumi, seperti perban linen di atasnya, dan memungkinkan untuk membuka bungkus digital firaun," kata profesor Sahar Saleem dari Universitas Kairo kepada Auntminnieineurope.

"Visualisasi fitur wajah yang halus seperti tindikan telinga dan gaya rambut juga dimungkinkan oleh perangkat lunak rekonstruksi gambar moderen," sambungnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1832 seconds (11.252#12.26)