Spesifikasi Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, Punya 18 Cermin Berlapis Emas

Sabtu, 21 Januari 2023 - 12:54 WIB
loading...
Spesifikasi Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, Punya 18 Cermin Berlapis Emas
Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) senilai USD10 miliar sekitar Rp150,7 triliun ini bertugas menyelidiki kosmos untuk mengungkap sejarah alam semesta. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - Teleskop Luar Angkasa James Webb atau James Webb Space Telescope (JWST) NASA adalah observatorium ruang inframerah. Teleskop JWST senilai USD10 miliar sekitar Rp150,7 triliun ini bertugas menyelidiki kosmos untuk mengungkap sejarah alam semesta dari Big Bang hingga pembentukan planet ekstrasurya.

Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah observatorium terbesar dan paling kompleks yang dikirim ke luar angkasa. Menurut NASA, teleskop JWST fokus pada empat area utama, yaitu cahaya pertama di alam semesta, perakitan galaksi di awal alam semesta, kelahiran bintang dan sistem protoplanet, dan planet, termasuk asal-usul kehidupan.

Teleskop JWST adalah produk kolaborasi internasional yang mengesankan antara NASA, Badan Antariksa Eropa (ESA), dan Badan Antariksa Kanada. Menurut NASA, JWST melibatkan lebih dari 300 universitas, organisasi, dan perusahaan di 29 negara bagian AS dan 14 negara.

Baca juga; Menakjubkan, Pilar Penciptaan Bintang yang Terekam Teleskop James Webb

Teleskop JWST ditargetkan bertugas selama lima tahun di luar angkasa, namun diharapkan mampu bertugas lebih lama lagi sampai 10 tahun. Komponen utama teleskop JWST, adalah cermin utama yang sangat besar untuk mengumpulkan cahaya inframerah, pelindung matahari super besar untuk menjaga agar teleskop tetap dingin, dan empat instrumen ilmiah untuk melakukan operasi sains yang ambisius.

Dikutip dari laman webbtelescope, Sabtu (21/1/2023), cermin utama teleskop JWST menjulang setinggi 8 meter dan pelindung matahari seluas lapangan tenis berukuran sekitar 21,2 meter x 14,2 meter. Di Bumi, berat teleskop JWST mencapai 13.650 pon atau 6.200 kg, hampir sama dengan berat gajah Afrika dewasa.

Teleskop JWST memiliki 18 segmen cermin heksagonal individu terbuat dari berilium ringan dan diameter cermin utama berukuran 6,6 meter. Area pengumpulan cermin utama seluas 25,37 meter persegi, membantunya mengumpulkan data cahaya yang jatuh dari objek astronomi yang jauh.

Baca juga; Pertama Kali, Teleskop Luar Angkasa James Webb Mulai Melacak Asteroid

Cermin teleskop JWST dilapisi dengan emas tipis 0,0001 mm di permukaan cermin seluas 25 meter persegi. Berat total emas yang digunakan dalam pelapisan adalah 48,25 gram dan massa cermin utama sekitar 705 kilogram.
Spesifikasi Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, Punya 18 Cermin Berlapis Emas


Teleskop JWST diluncurkan menggunakan roket Arianespace Ariane 5 pada 25 Desember 2021 dari lokasi peluncuran ESA di Kourou, Guyana, Prancis. Kemudian pada 24 Januari 2022, setelah menempuh perjalanan selama 30 hari sejauh 1,5 juta kilometer, teleskop JWST mencapai Lagrange point 2 atau L2.

Lokasi ini merupakan rumah permanen bagi teleskop JWST untuk melaksanakan tugasnya karena memiliki gravitasi stabil di luar angkasa. Kemudian melalui serangkaian proses rumit, teleskop JWST membuka pelindung matahari dan cerminnya.

Baca juga; Tidak Spektakuler Tapi Bersejarah, Ini Foto Pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb

Pada 11 Juli 2022, NASA mengumumkan bahwa semua 17 mode instrumen ilmiah observatorium telah siap dan teleskop JWST memulai misi sains epiknya. Sehari kemudian, pada 12 Juli 2022, NASA merilis gambar ilmiah pertama yang direkam teleskop JWST. Setelah itu, sampai saat ini teleskop JWST telah berhasil merekam berbagai fenomena di luar angkasa.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3293 seconds (11.210#12.26)