NASA Lanjutkan Program Roket Bertenaga Nuklir, Lebih Cepat Mencapai Planet Mars

Senin, 23 Januari 2023 - 15:51 WIB
loading...
NASA Lanjutkan Program Roket Bertenaga Nuklir, Lebih Cepat Mencapai Planet Mars
Rencana untuk mengirimkan misi berawak ke Bulan dan Mars telah mendorong NASA untuk melanjutkan kembali program pengembangan roket bertenaga nuklir. Foto/Popular Mechanics/BWXT
A A A
FLORIDA - Rencana untuk mengirimkan misi berawak ke Bulan dan Mars telah mendorong NASA untuk melanjutkan kembali program pengembangan roket bertenaga nuklir . Di antaranya membuat roket generasi berikutnya menggunakan sistem propulsi termal nuklir (nuclear thermal propulsion systems/NTP).

Teknologi ini dipelajari pada tahun 1950-an dan 60-an, tetapi disimpan pada awal tahun 70-an karena tantangan teknologi. Selain itu, tidak ada kebutuhan untuk misi yang jelas untuk sistem propulsi termal nuklir.

Kepala Insinyur Direktorat Misi Teknologi Luar Angkasa NASA, Jeff Sheehy mengatakan, waktu telah berubah. Kemajuan di bidang manufaktur, ilmu material, dan teknik, telah memungkinkan untuk merancang elemen bahan bakar dan reaktor nuklir yang lebih baik.

“Terlebih lagi, sekarang ada keinginan untuk mengirim kru ke luar angkasa. Beberapa tahun terakhir pengembangan kemampuan itu, telah memperbaharui minat pada NTP sebagai pilihan,” kata Sheehy dikutip dari laman popularmechanics, Senin (23/1/2023).

Baca juga; NASA Kembangkan Generator Nuklir Mini untuk Satelit Berukuran Kecil

Mesin roket propulsi termal nuklir akan menggunakan reaktor nuklir kecil untuk menghasilkan panas dari bahan bakar uranium. Energi panas itu kemudian akan ditransfer ke propelan cair, mungkin hidrogen cair, yang mengembang menjadi gas.

Kemudian ditembakkan melalui nosel untuk menghasilkan daya dorong. “Jadi Anda membuat knalpot bergerak sangat cepat dari belakang,” lanjut Sheehy.

Untuk mulai mengerjakan mesin roket NTP baru, NASA memberikan kontrak senilai USD18,8 juta kepada BWXT Nuclear Energy pada Agustus 2017. BWXT akan merancang reaktor nuklir yang menggunakan low-enriched bahan bakar nuklir uranium dalam bentuk batang "Cermet" (Ceramic Metallic atau logam keramik).
NASA Lanjutkan Program Roket Bertenaga Nuklir, Lebih Cepat Mencapai Planet Mars


NASA juga bermitra dengan Aerojet Rocketdyne untuk merancang mesin yang dapat dipadukan dengan reaktor untuk menghasilkan daya dorong. NASA akan mempelajari opsi penyimpanan kriogenik untuk membawa propelan hidrogen cair.

Baca juga; Space Force AS Luncurkan Satelit Pendeteksi Nuklir dan Komunikasi Laser
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3351 seconds (11.252#12.26)