7 Fakta dan Kecanggihan Tank Leopard 2 yang Akan Dipasok ke Ukraina

Selasa, 24 Januari 2023 - 17:26 WIB
loading...
7 Fakta dan Kecanggihan Tank Leopard 2 yang Akan Dipasok ke Ukraina
Tank Leopard 2 menjadi salah satu persenjataan militer mengerikan besutan Jerman. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tank Leopard 2 menjadi salah satu persenjataan militer mengerikan besutan Jerman. Dibekali spesifikasi mumpuni, tank terkemuka ini telah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia.

Terbaru, kabarnya tank Leopard 2 ini akan turut dipasok ke Ukraina yang tengah berperang dengan Rusia. Namun, sebelumnya Jerman sendiri sejatinya masih ragu untuk mengirimkannya ke Kiev karena khawatir bisa memperluas cakupan konflik.

Baca juga : Tank T-90M Rusia Bentrok dengan Tank Ukraina, 3 Lawan 2 dalam Jarak 500 Meter

Lantas, seperti apakah sejatinya kekuatan tank ini? Berikut sejumlah fakta dan kecanggihan tank Leopard yang rencananya akan dipasok ke Ukraina.

1. Penerus Leopard 1

Tank tempur andalan Jerman ini dikembangkan Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dari Munchen. Secara historis, Leopard 2 ini dirancang sebagai suksesor dari Leopard 1 yang pertama kali diproduksi pada tahun 1963.

Pada perancangannya, Leopard 2 mulai diproduksi sekitar tahun 1979. Seiring perkembangannya, tank tersebut telah teruji kualitasnya dan langsung banyak menarik perhatian negara-negara lain.

2. Dilengkapi Fitur Mumpuni

Berbekal tenaga dari mesin diesel, Leopard 2 memiliki peralatan penglihatan malam serta laser pencari jarak yang memungkinkannya membidik target bergerak dengan lebih optimal.

Mengutip New York Times, fitur tersebut tentu sangat berguna bagi awak kru tank yang menargetkan suatu sasaran. Terlebih ketika objeknya selalu bergerak dan berada di medan yang sulit sekalipun.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2486 seconds (11.252#12.26)