Spesifikasi Ka-52 Alligator, Helikopter Canggih Rusia yang Dihabisi Tentara Ukraina

Kamis, 26 Januari 2023 - 18:42 WIB
loading...
Spesifikasi Ka-52 Alligator, Helikopter Canggih Rusia yang Dihabisi Tentara Ukraina
Rusia dikenal sebagai salah negara dengan kekuatan militer yang adidaya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Rusia dikenal sebagai salah negara dengan kekuatan milite r yang adidaya. Tercatat, mereka memiliki deretan persenjataan canggih yang turut mendukung para tentaranya di medan tempur.

Terbaru, Rusia masih terus melanjutkan konfliknya dengan Ukraina. Sejak invasi pada 24 Februari 2022 lalu, sepertinya belum ada tanda-tanda bahwa Kremlin akan segera menarik pasukannya dalam waktu dekat.

Namun, tempo hari Angkatan Bersenjata Ukraina mengklaim bahwa mereka telah menjatuhkan 3 helikopter canggih milik Rusia. Mengutip laman Eurasian Times, Kiev menyebut sudah menghabisi 3 helikopter jenis Ka-52 di wilayah Donetsk hanya dalam waktu 30 menit saja.

Baca juga : 3 Senjata Rusia yang Bisa Menjadi Pemicu Kiamat Dunia

Melalui salah satu tweet di sosial media, Angkatan Udara Ukraina menyebut bahwa mereka menghabisi helikopter canggih Kremlin yang berjuluk “Alligator” dengan rudal anti-pesawat miliknya.

Lantas, seperti apakah sebenarnya helikopter Ka-52 milik Rusia yang dijatuhkan Ukraina?

Mengutip laman Airforce Technology, Ka-52 Alligator merupakan jenis helikopter serang yang bisa dioperasikan dalam berbagai cuaca. Dirancang oleh Kamov Design Bureau, helikopter ini adalah varian kursi ganda dari Ka-50.

Ka-52 Alligator pertama kali diluncurkan pada tahun 1996. Helikopter ini melakukan penerbangan pertamanya pada Juni 1997. Setelahnya, mereka memulai produksi dan terus mengembangkannya seiring waktu.

Pada bentuk desainnya, pengembang menggabungkan tampilan Ka-50 dengan sentuhan sedikit modifikasi. Dengan panjang sekitar 16m, tinggi 4,9m, dan diameter utama 14,5m, helikopter ini punya bobot lepas landas mencapai 10.800 kg.

Baca juga : 5 Senjata Rusia yang Ditakuti Amerika, Nomor 4 Punya Daya Hancur Besar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)